Muskerda BPD KKSS Koltim Perkokoh Persaudaraan Bersinergi Membangun Daerah

  • Bagikan
Musyawarah Kerja Daerah BPD KKSS Kabupaten Kolaka Timur di Aula Serbaguna Kantor Bupati Koltim, Sabtu (26 Maret 2022. (Foto: Hasrianti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLTIM – Terbentuk dan dikukuhkan pada 30 Desember 2019 oleh Ketua Umum KKSS Provinsi Sulawesi Tenggara, Nurdin Tompo, BPD KKSS Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) periode 2019-2024 kini memulai langkah dengan menggelar musyawarah rapat kerja daerah yang bertemakan melestarikan budaya dan bersinergi dalam pembangunan daerah Getteng Lempu Adatongeng (tegak lurus dan jujur) di Aula Serbaguna Kantor Kecamatan Lambandia, Koltim, Sabtu (26 maret 2022).

Rapat kerja tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas, Pj Bupati Kolaka Timur, Soelwan Abunawas, mantan Pj Bupati Koltim Anwar Sanusi (2015), mantan Bupati Kolaka 1993-2004, Adel Berty, mantan Bupati Kolaka 2013-2014, Buhari Matta, sejumlah kepala OPD Koltim, ketua TP-PKK Yosin Sulwan Aboenawas, ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir dan jajarannya, Camat Lambadia Supriadi, kades se-Kabupaten Koltim dan sejumlah tokoh masyarakat, adat dan agama wilayah Koltim.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (depan kiri) saat menghadiri Muskerda BPD KKSS Koltim. (Foto: Hasrianti/SULTRAKINI.COM)

Ketua BPD KKSS Koltim, Mustakim Darwis dalam sambutannya mengatakan, KKSS Koltim berdasarkan AD/ART merupakan wadah kekeluargaan tempat berkumpulnya saudara-saudara berketurunan Sulawesi Selatan di Kolaka Timur.

Di Koltim, kepengurusan KKSS di dominasi kaum muda dengan harapan punya energi positif dalam mengemban tugas sehingga apa yang menjadi tujuan KKSS Koltim dapat dicapai. Disisi lain, peran orang tua- tua dalam memberi nasehat dan petunjuk adalah hal yang sangat penting untuk menjadikan KKSS lebih terarah sesuai dengan hadapan dibentuknya KKSS.

Baca:   Muswil KKSS Sultra Ricuh Akibat Dualisme Kepengurusan Ikami

“Kegiatan ini kita harapkan dapat bersinergi dengan program pemerintah dengan merumuskan berbagai kegiatan yang membantu terwujudnya visi-misi daerah yaitu sejahtera bersama masyarakat yang agamais, maju, mandiri, dan berkeadilan,” katanya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, penyelenggaraan musyawarah kerja daerah BPD KKSS Koltim ini merupakan momentum yang sangat baik untuk membudayakan hidup rukun berdampingan, bersatu bersama-sama, saling tolong menolong, dan bahu membahu dalam bingkai persatuan dan kesatuan sesuai noa adat budaya sesuai dengan kearifan lokal Koltim.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (tengah) berpose dengan pengurus dan tokoh BPD KKSS Koltim. (Foto: Hasrianti/SULTRAKINI.COM)

Sementara itu, Pj Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas mengatakan, kegiatan ini merupakan penjabaran dari visi misi Pemda Kabupaten Kolaka Timur yaitu Sejahtera Bersama Masyarakat Yang Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan melalui penjabaran misi ke-9 yaitu terwujudnya masyarakat yang aman, damai dan tertib. Dengan fokus dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah menciptakan semangat gotong royong dalam kehidupan masyarakat, untuk menghilangkan sekat-sekat antar suku agama, ras dan golongan.

Menguatkan lembaga keagamaan dan budaya sebagai bagian dari perekat keanekaragaman masyarakat guna membentengi masyarakat dari upaya-upaya provokasi yang mengarah pada konflik antar masyatakat. Misi ini sejalan dengan penegakan norma-norma adat budaya, kearifan lokal Kabupaten Kolaka Timur.

“Negara, pemerintah atau organisasi apapun berkewajiban untuk melaksanakan, mengawasi serta melindungi, mengayomi masyarakat dan khususnya hak dalam hidup, rukun bersama, berdampingan bagi setiap umat manusia atau setiap individu,” katanya.

Baca:   Steering Komite KKSS Tegaskan akan Diskualifikasi Kandidat Tidak Hadir Visi Misi

Penyelenggaraan Muskerda BPD-KKSS Kolaka Timur ini merupakan momentum yang sangat baik untuk membudayakan hidup rukun berdampingan, bersatu, bersama-sama, saling tolong menolong dalam bingkai kesatuan dan persatuan, sesuai norma adat budaya dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya berharap Musyawarah Kerja Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ini berjalan dengan baik, bisa bernilai manfaat untuk kesejahteraan masyarakat Kolaka Timur dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah,” harap Sulwan.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, dalam sambutannya juga mengatakan senantiasa menjaga semangat persaudaraan, persatuan, sebagai warga negara Indonesia. Kita  bersuku-suku, beragam budaya dan agama,  kita  harus senantiasa menjaga ideologi pancasila,sebagai bangsa berdaulat yang menjamin hak dan kewajiban warganyanya.Dimana bumi dipijak, dsitu langit dijunjung, artinya dimana kita mendiami suatu daerah maka harus menjunjung tinggi norma-norma dan adat istiadat wilayah tersebut.

“Mari kita mendukung semua program pemerintah dalam rangka mencapai masayarakat adil dan makmur, Mukerda BPD KKSS Koltim adalah implementasi perwujudan dukungan  visi misi wilayah yang di diami dalam keberagaman, hidup rukun berdampingan dalam memajukan bangsa,” jelasnya. (B)

Laporan: Hasrianti
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan