Musrenbang Tingkat Kabupaten, Pemda Buteng Bahas Persiapan Pemilu 2024 dan PEN

  • Bagikan
Asisten II Setda Buteng Arsidik Patola (tengah) pose bersama dengan perwakilan Bapenda Provinsi Sultra usai membuka Musrenbang di Aula Gedung Azahra, Selasa (22 Maret 2022). (Foto: Nu'aimin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTENG – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Buton Tengah tahun 2023 resmi dibuka oleh Asisten II Setda Buteng, Arsidik Patola, di Aula Gedung Azahra, Selasa (22 Maret 2022). Pada Musrenbang ini dibahas diantaranya persiapan pemilihan umum 2024 mendatang dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Dalam sambutannya, Asisten II Setda Buteng Arsidik Patola, mengungkapkan bahwa Musrenbang tingkat kabupaten ini dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah satu tahun ke depan maupun nenyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.

Selain itu, juga sebagai wadah penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan tingkat kabupaten dan provinsi.

Termasuk juga, klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah atau kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan berdasarkan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintah daerah.

“Musrenbang ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2023 yang sebelumnya telah diawali dengan kegiatan Musrenbang di tingkat desa, forum konsultasi publik, Musrenbang di kecamatan, dan forum perangkat daerah yang melibatkan segenap Stakeholder pembangunan,” ungkap Arsidik Patola, Selasa (22 Maret 2022).

Baca:   Wabup Konawe Beri Pertimbangan Program ke Bappeda Sultra

Melalui Musrenbang ini, Arsidik juga mengajak seluruh jajaran stakeholder dan pemerintahan hingga ditingkat kecamatan dan desa untuk membuka dan mencermati beberapa isu strategis saat ini antara lain pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 mendatang, pemulihan ekonomi dan peningkatan IPM, penurunan stunting dan angka kemiskinan, serta pengembangan kapasitas ASN.

“Sehingga hal-hal tersebut dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sehingga atas dasar tersebut maka tema pembangunan tahun 2023 yang diusung pemerintah Kabupaten Buton Tengah yakni ‘Pemanfaatan Pelayanan Dasar Dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Manusia Kabupaten Buton Tengah yang Unggul’ dapat terwujud sesuai tujuan.

Arsidik juga mengungkapkan bahwa Musrenbang tahun ini adalah yang terakhir bagi dirinya selama pelaksanaan pembangunan dibawah komando kepemimpinan Samahuddin dan La Ntau (SAMATAU) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buteng dari tahun 2017 sampai 2022 karena masa jabatan keduanya akan segera berakhir dalam waktu dekat ini.

“Di masa kepemimpinan SAMATAU terdapat kekurangan bahkan ketidakpuasan dari masyarakat, oleh karena itu kami menyampaikan permohonan maaf apabila dalam kepemimpinan selama ini masih terdapat kekurangan dan kekeliruan,” tutupnya. (C)

Laporan: Nu’aimin
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan