Namu Dinobatkan Sebagai Desa Wisata di Konsel

  • Bagikan
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga beserta jajarannya melakukan pantauan objek wisata di Desa Namu, Kecamatan Laonti. (Foto: Arsip Humas Pemda Konsel)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATANBupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga bakal menjadikan Desa Namu, Kecamatan Laonti sebagai desa wisata. Daya tarik wisata bahari dan pesona air terjunnya adalah dasar ditunjuknya desa berpenghuni 112 kepala keluarga itu layak dijadikan destinasi pariwisata.

“Saya turun untuk melihat langsung potensi wisata di sana (Desa Namu), mulai dari pantai hingga air terjunnya, memang layak untuk dijadikan desa wisata,” ucapnya usai meninjau Permandian Namu, Rabu (17/5/2017).

Bentuk perhatian itu dikembangkan dengan penambahan akses jalan rabat menuju kawasan air terjun bernama Pitu Ndengga tersebut atau air terjun tujuh tingkat. Ada juga perbaikan kondisi lingkungan desa mulai dari kesiapan masyarakat setempat menerima kunjungan wisatawan, kebersihan objek dan lingkungan desa.

ibu alimazi

“Selain itu beberapa fasilitas sudah dicek, rumah warga sudah bagus namun belum memiliki kamar mandi. Sehingga hal inilah yang akan kita dorong. Jadi pemda secepatnya akan membuka akses ke sana (air terjun Pitu Ndengga) minimal jalan rabat, agar bisa dilalui kendaraan bermotor,” kata Surunuddin.

Menurut dia, pemda sedang mempersiapkan lokasi Namu untuk dipetakan melalui dana desa sebagai kawasan berinvestasi. Termasuk perencanaan prioritas menuju desa wisata oleh pemda Konsel.

“Ditetapkannya namu sebagai desa wisata, maka Pemda akan fokus. Sehingga nantinya akan tersinergi beberapa desa disekitarnya yang juga memiliki potensi wisata, yakni Desa Malaringgi, Tue-Tue dan Batu Jaya,” ujarnya.

Baca:   Kejari Soroti Polres Lambat Tangani OTT Dikbud Konsel

Laporan: Adryan Lusa

  • Bagikan