Nelayan Babarina Panen Vename, Kades: Petambak Sekitar Tambang Tidak Rugi

  • Bagikan
Panen raya Udang Vename. (Foto: Istimewa)
Panen raya Udang Vename. (Foto: Istimewa)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Nelayan tambak Dusun Babarina Desa Muara Lapaopao Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka, melakukan panen raya Udang Vename pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu (13-14/10/2018). Menurut warga, hasil panen kali ini masih terbilang melimpah. Padahal daerah ini berada dekat dengan area pertambangan PT Ceria Nugraha Indotama (PT Cerindo).

Kepala Desa Muara Lapaopao, Tasman kepada media, Sabtu (13/10/2018), mengaku sangat bersyukur karena mendapat karunia dari Tuhan dengan hasil panen yang melimpah tahun ini.

Menurut Tasman, ini juga berkat bantuan dari PT. Cerindo kepada masyarakat nelayan dan petani di desa, dalam bentuk dana stimulan sebagai kompensasi atau tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Hasil panen ini, kata dia, membantah isu dari oknum yang memprovokasi adanya pencemaran lingkungan oleh aktivitas pertambangan PT Ceria Nugraha Indotama yang menyebabkan petani tambak rugi.

“Itu tidak benar, justru petani tambak saat ini menikmati hasil panennya yang melimpah tidak lepas dari bantuan yang diberikan PT Ceria,” ungkapnya.

Tasman mengharapkan masyarakat khususnya Kabupaten Kolaka dan Sultra pada umumnya, tidak langsung percaya jika ada oknum yang mengatasnamakan masyarakat petani tambak di wilayahnya, melakukan provokasi. Hendaknya langsung mengecek fakta di lapangan.

Baca:   30 Kades di Konsel Ditipu Penelepon Gelap

“Isu yang selama ini ada di luar yang menganggap petani tambak di Babarina Desa Muara Lapaopao gagal panen karena adanya pencemaran itu berita hoax,” tegas Tasman.

Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Hasbi Mustafa, memuji PT Ceria yang memperhatikan petambak di Babarina Kecamatan Wolo. Dana sebesar Rp4 miliar labih yang ditransfer pada masyarakat dapat digunakan dengan baik dan menghasilkan panen yang banyak.

Pihak PT. Cerindo pun merasa senang warga Wolo dapat memanfaatkan dana CSR untuk meningkatkan hasil usahanya. Manager Legal, Kenny Rochlim kepada Sultrakini.com menjelaskan, pihaknya akan terus berkomitmen memperhatikan masyarakat di kawasan pertambangan Cerindo.

“Hari ini tambak masyarakat Babarina Desa Muara Lapaopao panen lagi,” kata Kenny dengan nada gembira seraya mengirim foto panen warga via WhatsApp, Minggu (14/10/2018).

Editor: Gugus Suryaman

  • Bagikan