Niat dan Keutamaan Puasa 10 Muharram dan Jatuh Tanggal Berapa? Yuk simak penjelasannya

  • Bagikan
Ilustrasi Foto: (Sela/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Bulan Muharram merupakan bulan yang mulia, ada amalan yang bisa dilakukan salah satunya puasa Asyura atau puasa 10 muharram.

Dilansir dari berbagai sumber, Bulan Muharram adalah bulan mulia yang mana setiap muslim dianjurkan untuk perbanyak ibadah. Salah satu keutamaan puasa Bulan Muharram, yaitu dapat memberikan pahala berlipat ganda.

Imam Ghazali menjelaskan dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin:

“Barangsiapa berpuasa tiga hari di bulan mulia (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Rajab dan Muharram) di hari Kamis, Jumat dan Sabtu, maka Allah SWT akan mencatat baginya ibadah 700 tahun”.

Baca juga: Tahun Baru Islam serta Keutamaannya

Berikut Jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2022:

Puasa Tasua 9 Muharram yang dilaksanakan Minggu, 7 Agustus 2022. Sedangkan puasa Asyura 10 Muharram Senin, 8 Agustus 2022.

Selain itu, keutamaan puasa Tasua dan Asyura juga akan menerima imbalan penghapusan dosa satu tahun yang lalu. Allah SWT masih memberikan kesempatan pada hamba-Nya untuk bertaubat melalui ibadah puasa.

Hal ini karena puasa Muharram lebih utama dari puasa di bulan syakban. Sementara para ulama mengatakan keutamaan puasa 10 Muharram karena bisa mengampuni dosa-dosa selama 60 tahun. Tentunya hal ini dengan mengharap keridhaan Allah SWT.

Kitab Tarikhul Khamis karya Syaikh Husain bin Muhammad bin Hasa Addayyari Bakri menjelaskan keutamaan puasa Asyura sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW yang bersabda:

Baca:   Kepala Kanwil Kemenag Sultra: STQH Dapat Meredam Fitnah dan Berita Hoaks

“Barangsiapa puasa tanggal 10 Muharram, maka mendapatkan pahala 10.000 malaikat, 10.000 orang yang haji dan umrah, dan 10.000 orang yang mati syahid.”

Niat Puasa 9 Muharram (Tasu’a)

Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa 10 Muharram (Asyura)

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala

Artinya: Aku berniat puasa sunah Asyura karena Allah SWT.

Itulah pembahasan mengenai puasa 10 Muharram dengan jadwal puasa, niat dan keutamaannya. (B)

Laporan: Sela
Editor: Sarini ido

  • Bagikan