Nonton Siaran TV Digital bisa Pakai HP Android, Gratis Tanpa Kuota Internet

  • Bagikan
DVB T2 Stik atau TV Tune yang dapat disambungkan pada HP Android untuk menikmati siaran tv digital. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Siaran tv digital rupanya tidak hanya dapat dinikmati di rumah melalui televisi dan set top box, melainkan di mana saja selagi membawa handphone dan berada di daerah terjangkau sinyal digital.

Nonton siaran tv digital dari HP Android ternyata bukanlah hal yang tidak mungkin. Teknologi yang semakin canggih saat ini, memudahkan masyarakat menikmati siaran digital selain dari televisi.

Untuk menonton siaran tv digital menggunakan HP Android diperlukan alat tambahan, yakni tv Tuner digital atau DVB T2 Stick yang berbentuk USB stick semacam flashdisk.

Sementara untuk menyambungkan USB stick TV digital pada HP android, dibutuhkan USB OTG baik tipe B atau tipe C sesuai jenis HP Android.

Untuk mendapatkan gambar dan audio yang bagus dan jernih dapat menambahkan antena ultra high frequency (antena UHF).

Konten kreator, Armadiyanto, menyampaikan siaran tv digital menggunakan HP Android tanpa membutuhkan kuota ataupun akses internet. Perangkat penerima siaran tv digital dibedakan menjadi dua, yaitu set top box TV digital yang disambungkan ke televisi dan DVB T 2 stick yang digunakan untuk HP Android.

“Bisa juga kita gunakan untuk menonton siaran tv digital menggunakan PC atau laptop,” jelasnya pada Bimtek Penggunaan Penerapan Perangkat TV digital dan STB dalam menghadapi pelaksanaan ASO, Senin (20 Juni 2022).

Baca:   Penjualan Motor Honda di Indonesia Menurun, Ini Penyebabnya..

Sementara set top box varian DVB T2 memiliki tiga varian berdasarkan kemampuannya, berupa STB Standard yang digunakan masyarakat umum, STB Hybrid, dan Smart STB Hybrid.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kominfo juga sedang melakukan program peralihan siaran tv Analog ke siaran tv digital atau Analog Switch Off (ASO) sejak 30 April 2022 dan direncanakan tuntas paling lambat 2 November 2022. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan