Optimalkan Kinerja OPD, Pemda Mubar Launching Aplikasi E-Silat

  • Bagikan
Peluncuran aplikasi E-Silat Pemda Muna Barat, (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Dalam rangka mengoptimalkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan mensinkronisasikan kinerja ASN dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Laporan Terpadu (e-Silat).

Peluncuran aplikasi e-Silat ini diresmikan langsung oleh Bupati Mubar, Achmad Lamani, didampingi Sekda LM Husein Tali, Asisten, Staf Ahli Bupati dan seluruh kepala OPD serta camat yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Mubar, Senin (14/6/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Mubar, Achmad Lamani mengatakan aplikasi e-Silat merupakan aplikasi yang dapat memantau dan mengevaluasi kinerja OPD dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah.

Mengingat selama ini OPD sesuka hati mereka dalam menjalankan program di masing-masing wilayah kinerjanya.

“Aplikasi ini untuk memantau kinerja dan program OPD, tidak ada visi misi OPD, yang ada adalah OPD menjalankan visi misi Bupati,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan diresmikannya aplikasi ini, diharapkan dapat diikuti dengan pendidikan dan pelatihannya akar kerja-kerja OPD dapat termuat dan segera dipantau dalam aplikasi ini.

“Semua OPD sekiranya mengutus satu atau dua orang stafnya untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan aplikasi ini, supaya segera difungsikan,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan adanya aplikasi e-Silat ini, seluruh SKPD dapat mengekspose kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang wajib diketahui masyarakat.

Baca:   Mau Salat Idul Fitri 1442 H Bareng Bupati Mubar? Cek Lokasinya

“Selama ini di OPD ada kegiatan wajib malah tidak dilakukan, kadang mereka lakukan yang sunah, dengan aplikasi ini tidak boleh lagi terjadi. Tupoksi masing-masing OPD wajib diketahui masyarakat,” pintanya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda), LM Husein Tali mengatakan dengan lahirnya aplikasi e-Silat ini semua OPD wajib mensukseskan visi dan misi bupati, agar kebutuhan mendasar bagi masyarakat yang tertuang dalam visi dan misi itu dapat segera terwujud.

“Dengan peluncuran aplikasi ini, semua OPD wajib mensukseskan visi dan misi bupati, karena semua kegiatan OPD akan terkontrol dalam aplikasi ini yang langsung dipantau bupati,” ungkapnya. (B)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan