Optimalkan Penerimaan Daerah, Bank Sultra dan Pemkab Kolaka Teken MoU

  • Bagikan
Penandatangan MoU Bank Sultra dan Pemda Kolaka di kantor pusat Bank Sultra (Foto: Dok. Bank Sultra)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Bank Sultra terus mendukung Pemerintah untuk memaksimalkan penerimaan daerah diberbagai sektor seperti perpajakan dan retribusi daerah.

Baru-baru ini, Bank Sultra bersama Pemerintah Kabupaten Kolaka jalani kerjasama terkait pengembangan layanan dan inovasi teknologi keuangan.

Penandatangan MoU berlangsung di Kantor Pusat Bank Sultra yang dihadiri langsung Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif dan Bupati Kolaka yang diwakili oleh Asisten III Kab.Kolaka, Wardi, bersama jajaran.

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif, mengatakan penandatanganan MoU menjadi kunci optimalisasi peningkatan penerimaan daerah untuk mendukung perekonomian di Kabupaten Kolaka.

“Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Kolaka beserta jajarannya atas kepercayaan yang diberikan kepada Bank Sultra,” kata Abdul Latif, Rabu (7 September 2022).

Dia menyebutkan, dukungan Pemda selaku mitra strategis sekaligus pemegang saham memberikan kontribusi yang sangat tinggi terhadap kinerja keuangan Bank Sultra.

Tercatat sejak 2019 aset Bank Sultra tumbuh dari Rp7 triliun menjadi Rp10 triliun dalam kurung waktu dua tahun dan ditahun 2021 akhir tumbuh lagi menjadi Rp11 triliun.

Tak hanya itu, sejumlah parameter keuangan lainnya menunjukkan pertumbuhan yang positif terutama di sisi laba bersih Bank Sultra naik sampai Rp10 miliar dari tahun sebelumnya.

Baca:   Prediksi BI Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sultra Tahun 2021

Sejalan dengan hal tersebut Bank Sultra pada tahun 2022 ini juga telah menyetorkan ke rekening PAD Kabupaten Kolaka dividen sebesar Rp11,6 miliar lebih tinggi dari dividen yang diberikan Bank Sultra pada 2021 yang mencapai sebesar Rp11,4 miliar. Adapun total setoran modal Kabupaten Kolaka saat ini mencapai Rp36,6 miliar.

“Kontribusi ini merupakan salah satu komitmen Bank Sultra untuk terus mendukung pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat,” tambah Abdul Latif. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan