Paguyuban di Sultra Tanda Tangan Deklarasi Kerukunan Umat Beragama, Ada Juga Pembagian Bendera Merah Putih

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi menyerahkan Bendera Merah Putih kepada pimpinan paguyuban, tokoh, dan oraganisasi keagamaan. (Foto: Wa Ode Rezki Nurdianti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Setelah pelaksanaan pawai taaruf dan karnaval etno religi, rangkaian pembukaan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Kota Kendari juga dilakukan penandatanganan deklasari dari para Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih, Selasa (10 Agustus 2022).

Penandatangan deklarasi tersebut dilakukan di bawah spanduk oleh pimpinan paguyuban, tokoh dan organisasi keagamaan. Agenda ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen dalam perwujudan tahun toleransi dan demi mewujudkan keamanan, kerukunan dan kedamaian masyarakat Provinsi Sultra.

“Untuk menjaga kerukunan yang dibangun selama ini dan Sulawesi Tenggara dapat menjadi contoh dan teladan bagi Indonesia dan dunia karena di Sulawesi Tenggara kerukuran umat beragama, budaya dan suku bangsa terjalin sangat indah ,” ucap Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Zainal Mustamin.

Isi deklarasi kerukunan umat beragama dibacakan oleh perwakilan umat beragama ormas se-Kota Kendari antara lain:

  1. Memperkokoh kerukunan beragama dan budaya dalam bingkai Kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  2. Mengedepankan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan keagamaan, sosial, dan budaya demi terciptanya kerukunan bermasyarakat Sulawesi Tenggara,
  3. Saling memahami, menghormati, dan menghargai realitas keragaman dan perbedaan suku, adat, ras, dan agama untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Sulawesi Tenggara yang rukun, damai, dan bersahabat,
  4. Tidak terpengaruh oleh berbagai isu provokatif yang dapat memecah belah ikatan persatuan dan kesatuan bangsa,
  5. Menolak segala bentuk kekerasan, anarkisme, dan tindakan yang melanggar hukum dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  6. Berperan aktif mendukung pemerintah, TNI, dan Polri dalam hal penegakan hukum demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat Sulawesi Tenggara.
Baca:   DPRD Kolaka Setujui RAPBD Perubahan 2018

Kegiatan dilanjutkan dengan pencanangan gerakan 10 juta bendera secara serentak di seluruh Indonesai berterniter nasional secara simbolik yang diserahakan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi kepada pimpinan paguyuban, tokoh, dan oraganisasi keagamaan. (C)

(Baca juga: Pawai Taaruf Pembukaan MTQ Sultra 2022 Diguyur Hujan, Peserta Pakai Payung Hingga Basah-basahan)

Laporan: Wa Ode Rezki Nurdianti
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan