Pangdam XIV/Hasanuddin Sebut Sultra Masih Kekurangan Kodim

  • Bagikan
Pertemuan tatap muka Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dengan Forkopimda Muna dan Muna Barat, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)
Pertemuan tatap muka Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dengan Forkopimda Muna dan Muna Barat, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Dalam kunjungan kerja Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka ke Pulau Muna mengungkapkan bahwa wilayah yang luas di Sulawesi Tenggara, masih kekurang Komando Distrik Militer (Kodim) dalam menjaga wilayah.

Kekurangan Kodim diungkap Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka saat melakukan pertemuan tatap muka dengan jajaran Pemerintahan Daerah Kabupaten Muna dan Muna Barat di Aula Gedung Galampano Kantolalo, Rabu (24 Maret 2021)

Acara tatap muka itu dihadiri oleh Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu, Bupati Muna Barat yang diwakili Asisten II, Ketua DPRD Muna dan Muna Barat, Forkopimda Muna dan Muna Barat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, tokoh masyarakat masing masing wilayah Muna dan Muna Barat.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan, bila melihat dari udara, keindahan dan luas daratan pulau Muna begitu luas, namun tidak semua Kodim berada disitu.

“Mubar dan Buton Selatan saja belum ada Kodim, sebagai daerah otonomi baru, yang ada baru di Buton Utara, sehingga tidak semua terjangkau, bahkan ada yang hanya dua Koramil disatu daerah,” kata Andi Sumangerukka.

Dia melanjutkan, Kodim daerah pesisir mesti menjadi perhatian bersama, karena wilayah yang cukup luas memerlukan perhatian keamanan yang baik.

Baca:   Kondisi Ekonomi Sultra Triwulan IV-2020 Minus 2,15 Persen

“Kedepan, agar ada Kodim-nya, terutama daerah pesisir menjadi perhatian kita bersama. Kita lagi melakukan kajian, daerah pesisir merupakan tempat yang dilalui alkil dua, sehingga kehadiran Kodim itu harus ada,” ucapnya.

Mantan Kabinda Sultra itu juga berpesan, jika selama ini dalam bertugas ada anggota TNI-AD yang dinilai masih kurang baik dilapangan, dia memohon maaf, terutama kepada orang tua yang ada di Muna dan Muna Barat.

“Saya titip anak-anak saya, agar menjalin keakraban dan silaturahmi yang baik dengan kita semua di wilayah Muna dan Muna Barat,” tutupnya.

Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu, menyampaikan bahwa kedatangan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka di Kepulauan Muna merupakan satu kehormatan dan kebesaran bagi Pemda dan semua masyarakat.

“Beliau ini sebenarnya tidak asing buat saya, beliau ini matan Danrem Sultra, BIN, kemudian ke Pusat dan saat ini menjabat sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin, mudah-mudahan betah menjadi Pangdam,” katanya.

Malik Ditu juga menyampaikan permohonan maaf Bupati Muna tidak bisa hadir menyambut kedatangan Pangdam XIV Hasanuddin.

“Saya sampaikan permohonan maaf beliau, karena beliau ada penanda tanganan kerjasama di Jakarta. Sehingga beliau menugaskan saya menyambut Bapak Pangdam datang ke Galampano Kantolalo,” ucapnya.

Baca:   Musda KNPI Muna Disiapkan, Zuhdi Mulkian Mulai dari Bertemu Bupati

Selain mengucapkan permohonan maaf, karena Bupati Muna tidak bisa hadir menyambut Bapak Pangdam, Malik Ditu mengucap selamat datang Pangdam di Kepulauan Muna.

“Saya ucapkan selamat datang bapak Pangdam, semoga bapak datang kemari, kita memberikan kesan yang baik,” ungkapnya.

Saat ini tercatat baru terdapat lima Kodim se- Sultra diantaranya, Kodim 1417/Kendari, Kodim 1416/Muna, Kodim 1413/Buton, Kodim 1412/Kolaka, dan Kodim 1429/Butur. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan