#ParadiseonCave, 10 Gua Terbaik Buteng akan Jadi Ikon Daerah

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pemerintah Buton Tengah, Sulawesi Tenggara akan menjadikan destinasi sepuluh gua terbaiknya menjadi ikon dari slogan pariwisata, yaitu Paradise on Cave.

Sepuluh gua tersebut akan ditentukan berdasarkan keunggulannya dalam tiga kategori, yaitu gua kering, gua berair, dan gua yang memiliki nilai sejarah.

Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin, mengatakan sebenarnya Buteng memiliki keindahan pantai yang unggul dibandingkan daerah lainnya di wilayah Sultra. Namun pihaknya akan membuat ciri khas dengan potensi destinasi gua yang dimiliki daerah tersebut.

Dispar Buteng juga mengakui untuk pengelolan destinasi satu ini membutuhkan tindakan khusus untuk menjaga kekhasannya.

“Kalau pantai punya pasir putih itu sebenarnya daerah lain juga punya, kita mencari kekhasannya kita yang membuat kita dikenal oleh orang banyak bukan hanya mau didatangi untuk wisata pantai. Kekuatan kita sebenarnya di gua. Tahun depan kita rencana mengangkat sepuluh gua terkuat menjadi ikon Buteng,” jelasnya, Senin (25/10/2021).

Salah satu gua di Buteng menjadi target dalam sepuluh ikon tersebut adalah Gua Watolo.

“Kita mulai dari sana ada Gua Loba-loba dalam laut, Gua Bidadari di Wadiabero, Gua Labungkari dekat simpang lima, Guaa Lawi-lawi Teluk Lasongko, Gua Laumehe, Gua di Bantea. Kalau bisa sepuluh gua ini (yang terpilih nanti) letaknya menyebar di setiap wilayah di Kabupaten Buton Tengah,” ungkap Wujuddin. (B)

Baca:   Sultan Djorghi: Partai Berkarya Berjuang untuk Memperbaiki Kehidupan Anak Cucu

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan