Partai Demokrat dan PDIP Sultra Tolak Penundaan Pemilu

  • Bagikan
Pengurus DPD Partai Demokrat dan PDIP Sultra (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)
Pengurus DPD Partai Demokrat dan PDIP Sultra (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dua partai politik di Sulawesi Tenggara yakni Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat dan PDIP bersepakat menolak wacana penundaan Pemilu tahun 2024 yang disuarakan sejumlah elit politik di tingkat nasional.

Hal itu disampaikan usai kedua pengurus partai itu bertemu dalam rangka silaturahim. Dari Partai Demokrat yang diketuai Muhammad Endang SA bersama jajaran dengan PDIP Sultra diwakili Wakil Ketua Hasan Basri bersama jajaran di Kantor PDIP Sultra, Rabu (16 Maret 2022).

Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muh. Endang SA menjelaskan, pertemuan dengan jajaran pengurus DPD PDIP Sultra tersebut merupakan agenda biasa dan silaturahim. Dalam pertemuan tersebut, diskusi terkait perkembangan politik menjadi pembahasan dan salah satunya soal wacana penundaan Pemillu pada tahun 2024.

“Kedua partai bersepakat menolak penundaan pelaksanaan pemilu tahun 2024,” ujarnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Sultra itu menambahkan, selain tidak berdasarnya alasan yang dikemukakan oleh para penggerak menunda Pemilu 2024. Penundaan Pemilu tahun 2024 juga melanggar konstitusi UUD tahun 1945 pasal 22 E dan bisa menimbulkan chaos yang dapat merusak jalannya demokrasi dan tentunya juga stabilitas negara.

“Kalau penundaan Pemilu dipaksakan, chaos bisa terjadi dan ini juga merupakan mundurnya demokrasi yang selama ini sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua OKK DPD PDIP Sultra, Hasan Basri yang mewakili Ketua PDIP Lukman Abunawas menyampaikan, apresiasinya kepada Partai Demokrat Sultra yang bersilaturrahmi ke Kantor PDIP. Menurutnya ini menunjukkan untuk kepentingan bangsa, negara, dan daerah partai politik di Sultra bisa bekerjasama.

Baca:   DPW Partai Berkarya Sultra Evaluasi Pengurus Menuju Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024

“Kami senang sekali atas kunjungan Demokrat Sultra ini, dan Insya Allah kami akan mengunjungi balik Demokrat Sultra,” kata Hasan.

Ia juga menyampaikan sikap partainya mulai dari jajaran DPP sampai ranting yang tegas menolak penundaan Pemilu tahun 2024.

“Tidak benar kalau ada yang mengatakan kader atau simpatisan PDIP itu mendukung penundaan Pemilu,” tegasnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamri
n

  • Bagikan