Pastikan Kelayakan Pasar, Wabup Konut Lakukan Sidak

  • Bagikan
Wabup Konut, Abuhaera bersama rombongan sidak pasar. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Wakil Bupati Konawe Utara, Abuhaera melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pasar yang merupakan salah satu sentra perekonomian masyarakat.

Sebelumnya Abuhaera melakukan sidak di Pasar Bende Pasar Wawoluri, Pasar Sentral Sawa, Pasar Lembo dan Pasar Wawolesea yang sedang dalam tahap pembangunan serta perampungan.

Sidak akan dilanjutkan di pasar yang berada di Kecamatan Wiwirano, Langgikima, Oheo, Asera hingga Andowia.

Kegiatannya itu juga di dampingi staf ahli dan asisten, Anggota DPRD Hendrik Johanis, kadis Perindag, Kadis DLH, kepala UMKM, serta camat dan lurah/desa dari wilayah yang dikunjungi.

Di setiap pasar yang di kunjungi, Wakil Bupati memantau kondisi fisik pasar hingga pengelolaan dan pemanfaatannya dengan mengkoordinasikan dengan pihak Disperindag serta Dinas Lingkungan Hidup tentang kelayakan dan pemenuhan asas lingkungan yang sehat dan bersih.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Kita melihat secara langsung proses transaksi jual-beli, kondisi bangunan, kondisi lingkungan, hingga lahan pasar. Jika ada bangunan pasar atau los yang rusak ini supaya dimasukkan dalam perencanaan untuk diperbaiki hingga benar-benar layak digunakan. Jika lahannya masih kurang kita upayakan segera agar lokasi lahannya ditambah,” jelasnya, Selasa (18/5/2021).

Misalnya Pasar Lembo, kondisinya kurang layak, lapak-lapaknya harus diganti atau dibuatkan los baru. Kawasannya juga diperlukan penimbunan sebab sekat dengan aliran sungai.

Baca:   2019, Pemda Konut Janjikan 100 Persen Desa Teraliri Listrik

Setiap kunjungan langsung itu juga, Wabup berdiskusi dengan instansi terkait yang memiliki wewenang guna melahirkan solusi.

Termasuk, kata Wabup dalam pemantauannya, harus diadakan lahan parkir agar tidak mengganggu lalu lintas, tempat ibadah, tempat pengelolaan retribusi.

“Pasar yang kita miliki ini sarana pendukungnya harus lengkap, seperti air bersih dan kamar mandi, serta pengelolaan sampah dan limbahnya harus bagus. Ini sentra vital bagi perekonomian masyarakat, jadi secara bertahap harus kita tingkatkan sarana dan prasarananya. Jika ada pasar yang posisinya kurang tepat perlu kita geser atau pindahkan tempatnya,” ucapnya. (C)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan