Pastikan Pelayanan Kesehatan Maksimal, Ketua DPRD Sultra Sidak RSU Bahteramas

  • Bagikan
Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh melakukan Sidak ke RSU Bahteramas, Jumat (20/3/2020) malam. (Foto: Istimewa).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Abdurrahman Shaleh, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas, Jumat (20/3/2020) malam. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tempat pelayanan kesehatan terhadap bencana non alam penyebaran corona virus (Covid -19) berjalan dengan baik, sehingga tidak menimbulkan kecemasan bagi masyarakat.

Di rumah sakit provinsi tersebut, Abdurrahman Shaleh mengecek langsung ruang isolasi tempat dirawatnya tiga pasien yang dinyatakan positif virus corona dan ruang UGD, termasuk tim medis.

loker wartawan sultrakini

“Kita keliling semua beserta beberapa tim medis, kita melihat kondisi riil di Rumah Sakit Bahteramas,” ujarnya usai melakukan sidak langsung di RSU Bahteramas.

Ia jelaskan, bagi pasien yang terpapar Covid -19 akan dimasukan di UGD I, setelah itu pasien akan dibawah ke ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sementata bagi pasien non virus corona akan dilayani di UGD II. Sehingga pelayanan pesien dilakukan di ruang terpisah.

“Setelah itu, kami melihat beberapa ruang perawatan non corona, ternyata petugasnya tetap bekerja dengan baik. Kami juga pergi di ruang ICU kurang lebih ada tujuh tim medis dan tetap ada pasien yang dirawat dengan baik, cuma memang kita menghindari, mencegah dan mengantisipasinya,” ucapnya.

Baca:   Khasiat Air Zamzam, Salah Satunya Menangkal Penyakit

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPW PAN Sultra tersebut mengecek 17 paramedis yang diduga terpapar virus corona. Berdasarkan pantauannya, kondisi paramedis dalam keadaan baik-baik saja. Meski demikian, untuk memastikannya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

RSU Bahteramas, kata Abdurrahman Shaleh, merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk mengisolasi pasien yang terpapar virus corona, sehingga anggaran untuk penanganan virus corona harus dianggarkan secepatnya.

“Kalau bisa pemerintah pusat mengecek langsung, kareja ini RSU Bhateramas rumah sakit rujukan. Dimana semua kekurangan, hambatan, kendala harus ditangani dengaj baik, seperti APD yang masih kekurangan. Pusat harus betu betul membantu secepat mungkin,” jelasnya.

Abdurrahman Shaleh mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada serta menerapakan pola hidup sehat. Ia juga menyampaikan apresiasinya terhadap tim medis yang bekerja secara maksimal.

“Warga harus memelihara pola hidup sehat. Misalnya makan dengan gizi seimbang, berolahraga dan membiasakan mencuci tangan secara benar,” tandasnya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

loker marketing sultrakini
  • Bagikan