Pastikan Prokes Diterapkan, Kemenag Baubau Bentuk Tim Pantau Pelaksanaan Idul Adha

  • Bagikan
Kepala Kantor KemenagKota Baubau, Rahman Ngkaali. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau, Rahman Ngkaali, mengatakan pihaknya akan mengirim tim untuk memantau secara langsung penerapan protokol kesehatan pada salat Idul Adha 1442 Hijriah dan prosesi penyembelihan kurban.

Rahman mengimbau masyarakat agar penyembelihan kurban dapat dilakukan secara bertahap beberapa hari setelah hari raya Idul Adha, jika jumlah hewan kurban yang banyak dan berpotensi menimbulkan kerumunan. Penyembelihan, kata Rahman, dapat berlangsung dalam waktu tiga hari, yaitu 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Rahman meminta panitia penyembelihan kurban dapat memerhatikan penerapan protokol kesehatan secara ketat selama prosesi penyembelihan, mulai dari pengulitan, pencacahan daging untuk mengurangi kontak fisik antarpanitia.

“Seperti penggunaan alat tidak boleh secara bergantian,” jelasnya, Minggu (18/7/2021).

Adapun pendistribusian daging kurban kepada warga masyarakat yang berhak menerima kurban, disarankan agar panitia membawa daging kurban di rumah masing-masing penerima jika memungkinkan.

Sementara untuk memastikan hal tersebut, lanjutnya, beberapa hari terakhir pihaknya telah melakukan sosialisasi.

“Kami akan menggerakkan seluruh personel dari jabatan fungsional umum, ASN bimbingan masyarakat, KUA sampai penyuluh agama Islam untuk melaksanakan sosialisasi sekaligus memantau dan tidak lupa berkoordinasi dengan stakeholder yang ada,” terangnya. (C)

(Baca juga: Penyuluh Agama Kokalukuna di Baubau Sosialisasikan Pelaksanaan Idul Adha di Tengah PPKM Darurat)

Baca:   Sejumlah Kelompok Usaha di Konsel Terima Bantuan

(Baca juga: Berikut Teknis Pelaksanaan Idul Adha di Tengah PPKM Darurat)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan