PDIP Milik Hugua di Pilgub Sultra 2018?

  • Bagikan
Ketua Bapilu DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Nursalam Lada (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Meski Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018 masih setahun lebih, tetapi berbagai figur politik mulai muncul ke ruang publik. Tak terkecuali Ketua DPD PDIP Sultra, Hugua. Mantan Bupati Wakatobi itu, sejak 2015 lalu telah melakukan sosialisasi terkait keinginannya bertarung menggantikan Nur Alam.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDIP Sultra, Nursalam Lada menegaskan, Hugua merupakan satu-satunya kader yang akan didorong di Pilgub Sultra 2018. Hugua diindikasikan memiliki elektabilitas yang signifikan untuk tampil menjadi kandidat.

“Di Rakerda (Rapat Kerja Daerah) PDIP tahun lalu, DPC Se-Sultra memutuskan satu-satunya kader di internal PDIP yang akan didorong maju di Pilgub Sultra 2018 itu hanya Pak Hugua. Ini kesepakatan bersama,” tegasnya, kepada SultraKini.com, Selasa (7/3/2017).

Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara ini membantah, adanya kader lain yang berniat tampil di Pilgub. “Kalau di kader PDIP sampai hari ini, selain Pak Hugua belum ada yang berwacana untuk maju,” katanya.

Meski belum ada kader lain, ia tetap mempersilahkan jika ada yang berniat untuk tampil. Hanya saja perlu ada faktor penunjang untuk dipertimbangkan didukung partai. Persoalan calon dari luar kader, PDIP tetap membuka pendaftaran pada Juli 2017.

“Banyak variabel yang menjadi acuan untuk didukung. Kemauan untuk menang, eletabilitas, dan restu dari DPP itu yang terpenting,” jelasnya.

Baca:   Warga Pasarwajo Dominasi Pendaftaran PPK di Buton

Menurutnya, Hugua sendiri telah melakukan konsolidasi dan berkeliling ke semua DPC di Sultra terkait keinginannya tampil di Pilgub Sultra 2018. “Sejak dua tahun lalu Pak Hugua sudah sampaikan keinginannya untuk maju ke mereka (DPC),” ujarnya.

Sedangkan pendamping Hugua, Nursalam mengaku belum ada pembahasan lebih lanjut. Sebab pihaknya masih fokus menaikkan elektabilitas Hugua.

Selain Hugua, di internal PDIP Sultra ada Bupati Muna, LM Rusman Emba, dikabarkan juga bakal tampil di Pilgub Sultra 2018.

Di media sosial foto LM Rusman Emba terposting dan dikomentari dengan dukungan untuk tampil oleh para netizen. Namun, LM Rusman Emba belum merespon hal tersebut.

LM Rusman Emba merupakan anggota Dewan Kehormatan DPD PDIP Sultra sejak dia diusung di Pilkada Muna 2015 lalu.

  • Bagikan