Pedagang Kaki Lima di Buton dapat Bantuan Stimulan

  • Bagikan
Salah satu pedagang saat mencabut lot undian (Foto: Ist)
Salah satu pedagang saat mencabut lot undian (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Kabupaten Buton memberikan bantuan stimulan berupa lapak pedagang kepada 25 orang pedagang kaki lima. Penyerahan bantuan dilakukan dengan cara pencabutan lot bagi para penerima yang digelar di Panggung Utama Alun-Alun Takawa, Pasarwajo, Rabu (13 Januari 2021).

Bupati Buton, La Bakry, mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemda Buton untuk memulihkan ekonomi keluarga. Bagi para pedangan yang belum terakomodir maka akan pada bantuan selaniutnya.

“Meskipun tidak sempurna setidaknya lapak ini layak untuk menjual kue dan makanan. Bagi yang belum beruntung akan diupayakan untuk diakomodir pada bantuan selanjutnya,” kata La Bakry, Rabu (13/1/2021).

Pada kesempatan itu juga, La Bakry berpesan kepada para pedagang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dalam upaya membantu pemerintah mencegah penyebaran covid-19.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Buton, Safaruddin, mengatakan bantuan lapak pedagang diberikan kepada pedagang kue dan makanan. Dimana dari 90 pedagang yang mengajukan diri, setelah diverifikasi oleh pihak Dinas Perdagangan yang benar-benar pedagang berjumlah 25 pedagang.

ibu alimazi

“Lalu ada tambahan 3 orang sehingga total yang akan mencabut lot pada kesempatan ini berjumlah 28 PKL, sementara jumlah lapak yang tersedia sebanyak 25 lapak,” kata Safaruddin.

Baca:   Pangdam Resmikan Posko ASR di Baubau, 10 PKL Keciprat Bantuan Gerobak

Safaruddin mengatakan, bantuan diberikan dengan tujuan dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat yang terdampak pada pandemi Covid-19.

“Penyerahan bantuan ini dengan cara dilot untuk memberikan asas keadilan, tidak ada yang dipilih khusus atau pihak tertentu yang diuntungkan,” terangnya.

Dengan bantuan lapak yang diberikan, Safaruddin berharap penataan pasar Kaloko Pasarwajo juga dapat lebih tertib dan bermanfaat bagi PKL. Pemberian lapak memiliki berita acara perjanjian penyerahan lapak sehingga tidak boleh dipindahtangankan.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan itu diantaranya, Wakil Bupati Iis Elianti, Sekretaris Daerah Ir. La Ode Zilfar Djafar, M.Si., Kepala Dinas Perdagangan Kab. Buton Safaruddin, S.IP., M.Si, dan Camat Pasarwajo Drs. Amiruddin. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan