Peduli Palu-Donggala, BPBD Buton Buka Posko Bantuan

  • Bagikan
Kepala BPBD Buton, Manafu (Foto: Dok SULTRAKINI.COM)
Kepala BPBD Buton, Manafu (Foto: Dok SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sebagai wujud kepedulian terhadap korban bencana alam di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara membuka posko bantuan.

Kepala BPBD Buton, Manafu, mengatakan bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan, baik berupa barang, sembako, dan uang bisa langsung diantar di Kantor BPBD Buton di jalan 25 tepatnya di belakang eks kantor bupati.

“BPBD Buton itu membuka posko bantuan, baik berupa air mineral, sembako, pakaian bekas dan uang untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah di Palu dan Donggala,” kata Manafu kepada sejumlah awak media, Selasa (2/10/2018).

Lanjut Manafu, khusus bantuan berupa uang, nantinya akan dibelanjakan dalam bentuk barang atau sembako karena yang paling dibutuhkan masyarakat di Palu-Donggala adalah bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-sehari.

“Kami tidak mewajibkan uang, tapi kalo ada masyarakat yang menyumbang maka kami akan belanjakan dalam bentuk barang,” ujarnya.

Untuk mempermudah masyarakat dalam menyalurkan bantuaannya, kata Manafu, khusus di wilayah Kecamatan Pasarwajo, pihaknya telah memasang spanduk dibeberapa lokasi. Nantinya, bantuan tersebut akan langsung disalurkan ke lokasi gempa/tsunami, mengenai waktu penyalurannya belum dipastikan.

“Di Sultra inikan kita teroganisir satu yaitu di BPBD provinsi, kalo sudah terkumpul semua maka kita akan koordinasikan di provinsi seperti apa, karena disana ada pesawat Hercules yang bisa mengangkut barang ke lokasi bencana,” jelasnya.

Baca:   Termasuk Sultra, Mendagri Instruksikan Tanggap Darurat Bencana Palu dan Donggala

Selain itu, tambah Manafu, pihaknya juga telah mengirim dua orang anggotanya ke lokasi bencana untuk membantu masyarakat di sana (Palu-Donggala-red) bersama relawan-relawan lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kita juga kirim dua orang anggota untuk diperbantukan di sana,” tandasnya.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan