Pekerja Media Anggota AMSI Mau Disuntik Vaksin

  • Bagikan
Ketua AMSI Sultra M Djufri Rachim menyerahkan suplemen kesehatan dari AMSI kepada Sekda Sultra Nur Endang Abbas Buraera, usai dialog media. Foto: Dok/SultraKini.
Ketua AMSI Sultra M Djufri Rachim menyerahkan suplemen kesehatan dari AMSI kepada Sekda Sultra Nur Endang Abbas Buraera, usai dialog media. Foto: Dok/SultraKini.

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara minta pekerja media anggota AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) wilayah Sultra untuk segera mengikuti program vaksin.

SULTRAKINI.COM:  Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Nur Endang Abbas Buraera minta kepada pekerja media yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sultra untuk divaksin.

“Diharapkan agar semua anggota AMSI Sultra segera mendaftarkan diri secara kolektif untuk mendapatkan suntikan vaksinasi,” kata Endang saat berbicara pada acara Dialog Media yang diselenggarakan AMSI Sultra, Selasa (4 Mei 2021) sore.

Di hadapan pimpinan 20-an media siber yang menghadiri kegiatan tersebut, Endang lantas meminta agar nama-nama anggota AMSI yang sudah siap vaksin untuk diserahkan kepada dirinya agar diteruskan kepada instansi terkait guna mendapatkan pelayanan secepatnya.

Vaksin Covid-19 dimaksudkan untuk melindungi dan memperkuat system kesehatan tubuh pekerja media sekaligus menjaga produktivitas mengingat pekerja media, terutama jurnalis, sebagai garda terdepan dalam melakukan liputan berita di lapangan.

Menurut sejumlah sumber, Vaksin Covid-19 mempunyai kegunaan, diantaranya adalah;

  • Terciptanya respon antibodi

Respon anti bodi untuk kekebalan tubuh manusia. Dimana saat disuntik vaksin maka sel B akan menempel pada permukaan virus corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang pas. Kemudian Sel T akan mencocokan fragmen dengan sel B tadi. Jika ada yang cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibody untuk kekebalan tubuh manusia.

Baca:   Masih Ada Nakes di Kendari Belum Divaksin, Wali Kota Bilang Begini
  • Menangkal Virus Covid-19
ibu alimazi

Suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi immunoglobulin, sehingga kebal pada SARS-CoV-2.

  • Menghentikan Virus

Vaksin akan menghentikan virus menyebar ke seluruh tubuh. Vaksin akan merangsang imun tubuh yang dihasilkan oleh sel-B dan menghentikan virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh.

  • Melindungi orang di sekitar

Bagi mereka yang sudah disuntik vaksin maka secara otomatis akan terlindungi dari jangkitan virus Covid-19, dengan demikian maka ikut membantu mengurangi penyebaran Covid-19 pada lingkungan dan orang-orang sekitar.

Menanggapi permintaan Sekda Provinsi Sultra tersebut, Ketua AMSI Sultra M Djufri Rachim telah memintah kepada 20 media anggotanya untuk segera membuat list nama-nama karyawan yang akan disampaikan secara kolektif kepada Pemrov Sultra.

“Mudah-mudahan setelah lebaran ini, kawan-kawan pekerja media anggota AMSI Sultra sudah bisa divaksin,” katanya kepada media ini.

Menurut Djufri, AMSI sangat peduli dengan kesehatan anggotanya. Selama musim Covid-19, AMSI telah dua kali menyalurkan obat-obatan secara gratis. Pertama, pada tahun lalu ketika Covid-19 memuncak di Indonesia, AMSI telah membagikan obat herbal Lianhua Qingwen. Obat asal Cina ini dipercaya dapat menyembuhkan pasien yang terkena Covid-19. Kedua, AMSI membagikan suplemen berupa aneka vitamin untuk meningkatkan imun.

Baca:   MTSN 1 Kendari Gandeng BNN Tes Urine pada PPDB

Laporan: Shen Keanu

Editor: M Djufri Rachim

  • Bagikan