Pelabuhan Kapal Malam Kendari-Raha Mulai Padat Pemudik Memasuki H-4

  • Bagikan
H-4 lebaran, pemudik mulai padat di Pelabuhan Kapal Malam Kendari-Raha di Kota Kendari. (Foto: Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pelabuhan Kapal Malam, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang akan berlayar menuju Kota Raha, membludak menjelang H-4 Idul Fitri, Kamis (28 April 2022).

Pantauan Sultrakini.com, calon penumpang memadati area pelabuhan mulai dari pintu masuk hingga ke loket penjualan tiket. Penumpang rela berdesak-desakan demi bisa mendapatkan tiket kapal.

Pihak pelabuhan berupaya menerapkan keamanan ketat bagi calon penumpang yang hendak masuk ke dalam kapal, agar menaati aturan wajib memiliki tiket sehingga tidak ada lagi penumpang yang masuk kapal tanpa tiket.

Tamir, salah satu calon penumpang mengaku berada di pelabuhan pada pukul 17.00 Wita agar cepat mendapatkan tiket. Namun banyaknya pemudik–tiket baru berhasil dikantonginya sekitar pukul 21.00 Wita.

“Saya datang dari Koltim (Kolaka Timur) ke pelabuhan dari jam 5 (sore) mengantre tiket dan mudik menggunakan kapal malam ini,” ujarnya.

H-4 lebaran, pemudik mulai padat di Pelabuhan Kapal Malam Kendari-Raha di Kota Kendari. (Foto: Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)

Dia mengatakan baru bisa mudik malam ini mengungat libur nasional dan cuti bersama dimulai Jumat besok.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas IIA Kendari, Letkol Marinir Agus Winartono, mengungkapkan awalnya lonjakkan penumpang diprediksi H-7 lebaran, ternyata lonjakkan justru terjadi di H-4.

“Lonjakkan penumpang terjadi karena dimulainya cuti bersama esok hari. Untuk mengantisipasi lonjakkan penumpang yang cukup signifikan malam ini, dua kapal akan diberangkatkan namun jika masih ada lonjakkan ada satu kapal lagi yang siap di berangkatkan,” jelasnya, Kamis (28 April 2022).

Baca:   Ragam Produk Pangan Karya Dosen UHO Turut Meriah Pameran Pangan HPS ke-39

Pihaknya juga mempersiapkan satu kapal cadangan untuk memenuhi penyeberangan jika penumpang terus bertambah malam ini. (B)

Laporan: Ika Hasana
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan