Pelukan Ternyata Menyehatkan, Ini 5 Manfaatnya

  • Bagikan
Ilustrasi.
Ilustrasi.

SULTRAKINI.COM: Salah satu cara manusia menyalurkan kasih sayang, menunjukkan simpati, atau menularkan kebahagiaan adalah dengan sebuah pelukan. Meskipun sederhana, tapi pelukan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Seorang terapis keluarga Amerika Serikat, Virginia Satir, menyampaikan manusia membutuhkan empat pelukan sehari untuk bertahan hidup, delapan pelukan sehari untuk pemeliharaan kesehatan, dan 12 pelukan sehari untuk pertumbuhan. Menurutnya, memeluk menjadi cara universal untuk menunjukkan kegembiraan, cinta, kebahagiaa, dan kesedihan seseorang.

Apapun alasan orang berpelukan? Pelukan memberikan manfaat pada dua orang atau lebih yang melakukanya. Inilah lima manfaat berpelukan bagi kesehatan.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh
Banyak sekali penyakit yang dipicu atau semakin memburuk akibat stres. Berpelukan dikenal sebagai salah satu cara yang baik untuk melawan stres. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Carnegie Mellon bersama Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh yang menujukkan pelukan dapat mendukung orang lain mengurangi seseorang terserang sakit. Percobaan tersebut dilakukan di antara 404 orang dewasa terkena virus yang menyebabkan flu biasa.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan seseorang yang lebih sering mendapat pelukan memperoleh gejala yang lebih ringan ketika sakit, dibandingkan dengan orang yang tidak menerima pelukan.

Baca:   DPRD Desak Gubermur Sultra Segera Realisasikan Anggaran Rp 500 Miliar Tangani Virus Corona

2. Sistem saraf yang lebih baik
Dilansir dari Collective Evolution, kulit mengandung jaringan sensor berbentuk telur kecil yang disebut dengan sel darah pacinian. Sensor ini terhubung dengan otak melalui saraf vagus. Sensor ini dapat merasakan sentuhan. Efek yang lembab pada kulit selama pelukan menunjukkan adanya kondisi parasimpatis sistem saraf yang seimbang.

Berpelukan dapat merangsang sistem saraf dengan mengurangi perasaan kesepian, membantu meningkatkan kepercayaan diri, dan melawan ketakutan batin. Serta, mendukung orang lain melalui sentuhan membantu mereka merasa dihargai sehingga mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan secara positif.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

3. Membuat lebih bahagia
Pelukan yang kita anggap hanya sebagai tindakan meperlihatkan bentuk kasih sayang, ternyata juga membuat perasaan lebih bahagia. Dimana pelukan dapat memicu otak melepaskan oksitosin yang sering juga disebut sebagai hormon pelukan.

Oksitosin adalah hormon yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan terhubung dengan orang lai karena levelnya meningkat ketika kita berpelukan dan menyentuh orang lain. Hormon ini mempunyai efek yang kuat pada wanita, terutama mereka yang mendapatkan pelukan.

4. Mengurangi rasa sakit
Mengurangi rasa sakit juga dipercaya sebagai salah satu manfaat pelukan bagi kesehatan. Sebuah studi di New York University menyatakan, beberapa bentuk sentuhan dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Baca:   BMKG Prakirakan Curah Hujan di Sultra Tiga Bulan ke Depan

Misalnya, penderita fibromyalgia yang melakukan enam perawatan terapi sentuhan. Setiap terapi dilakukan dengan sentuhan ringan pada kulit. Para peserta mengatakan kualitas hidup mereka telah meningkat dan rasa sakit berkurang.

5. Memperlancar aliran darah
Studi lain yang diadakan oleh university of Nort Carlina telah membuktikan pelukan baik untuk kesehatan jantung sesesorang.

Ada sekitar 200 orang dibagi menjadi dua kelompok. Sebelum stres, kelompok pertama menonton video romantis selama 10 menit dan berpegangan tangan satu dengan yang lain dan memberikan pelukan 20 detik sesudahnya. Sedangkan kelompok kedua tidak melakukan kontak fisik tetapi beristirahat selama 10 menit dan kemudian 20 detik sebelum terkena stres.

Hasil penelitian menunjukkan kelompok pertama memiliki tekanan darah rendah serta detak jantung yang lebih stabil yang berarti orang mendapatkan pelukan dan dukungan teratur lebih tahan terhadap stres, yang menguntungkan kesehatan jantung mereka.

Sumber: Liputan6.com
Laporan: Ilam Sari

  • Bagikan