Pemda Buteng Sambut Baik Investor Tambang, Pejabat Bupati Sebut Tidak hanya Menambang

  • Bagikan
Kunjungan kerja rombongan Pejabat Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusuf di Kecamatan Talaga Raya. (Foto: Nu’aimin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pejabat Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusuf kunjungan kerja ke Kecamatan Talaga Raya. Salah satu lokasi didatanginya adalah PT Arga Morini Indah (AMI) di Desa Wulu.

Menurut Yusuf, terdapat sejumlah hal penting bagi pihak perusahaan untuk membantu mensejahterakan masyarakat setempat, seperti mengatasi persoalan air bersih, kelistrikan, peningkatan sumber daya manusia yang dibalut dalam realisasi Corporate Social Responsibility (CSR).

“Corporate Social Responsibility dari perusahaan yang berjalan sekarang air bersih, kelistrikan, beasiswa prestasi. Sejauh ini juga sudah ada dokumen rencana pascatambang mengenai pengalokasian sumber air bersih,” ucapnya, Sabtu (11 Juni 2022).

Penanaman pohon memperingati hari lingkungan hidup Pejabat Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusuf bersama PT Arga Morini Indah di ke Kecamatan Talaga Raya. (Foto: Nu’aimin/SULTRAKINI.COM)

Penjabat bupati Buteng juga menyampaikan bahwa PT Aarga Morini Indah melakukan reboisasi atau penghijauan kembali, di mana perusahaan setelah melakukan penambangan ditindaklanjuti dengan melakukan penanaman pohon demi menjaga kestabilan lingkungan sekitar.

“Sangat luar biasa sekali bagi saya karena PT Aarga Morini Indah tidak hanya menambang tetapi penanaman kembali,” ucap Yusuf.

Setelah pertemuan terbatas dengan pihak PT Arga Morini Indah, Pemerintah Daerah Buteng bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah mengingatkan komitmen yang dibuat dari pihak perusahaan terhadap masyarakat Talaga Raya.

“Kami dari Pemerintah Daerah mengingatkan komitmen dari perusahaan untuk bagaimana membantu masyarakat, mensejahterakan masyarakat khusunya di Kecamatan Talanga Raya,” tegas Yusuf.

Baca:   Pemda Buteng Ambil Sumpah 71 PNS

Menanggapi hal itu, Humas PT Arga Morini Indah, Ali mengapresiasi kedatangan rombongan Pemda Buteng. Sebagai investor di wilayah setempat, pihaknya akan mendukung dan bersinergi dengan pemerintah.

“Alhamdulillah, momentum hari lingkungan hidup dan menjadi semangat buat kami, support yang baik dari pemerintah daerah setempat,” ujarnya.

Dikatakannya, Corporate Social Responsibility menyangkut kelistrikan sedang berjalan. Sedangkan pengaliran air bersih telah ditandatangani kerja sama rencana pascatambang untuk pengalokasiannya. Di satu sisi, pihaknya juga menjalankan beasiswa untuk pelajar berprestasi.

“Pengesahan rencana pascatambang semua sudah termuat, termasuk air bersih dan listrik,” jelas Ali.

Tatap muka Pejabat Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusuf dengan Pemerintah Kecamatan Talaga Raya. (Foto: Nu’aimin/SULTRAKINI.COM)

Dalam kunjungan kerja di Talaga Raya, Penjabat Bupati Buton Tengah beserta SKPD juga tatap muka dengan pemerintah kecamatan, masyarakat, dan tokoh pemuda wilayah setempat.

Dalam pertemuan tersebut, Camat Talaga Raya mengajukan beberapa poin penting untuk kebutuhan masyarakat, yaitu air bersih, pelabuhan feri, kelistrikan, TPS3R dan penahan ombak (talud) kepada pemda.

“Kami harapkan Penjabat Bupati Buton Tengah bisa selesaikan permasalahan yang ada di Kecamatan Talaga Raya,” ucapnya.

Penjabat Bupati juga menanggapi bahwa akan realisasikan TPS3R dan meningkatkan perekonomian di Kecamatan Talaga Raya melalui sumber daya yang ada di wilayah tersebut, seperti sektor perikanan, pariwisata, dan perdagangan. (Adv)

Baca:   Taekwondo Indonesia di Sultra Agendakan Kejuaraan Skala Sulawesi

Laporan: Nu’aimin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan