Pemda Butur Didampingi 10 Ahli dari UHO

  • Bagikan
Rektor Universitas Halu Oleo, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu (kanan) bersama pejabat Pemda Butur pada FGD di Kendari, Sabtu (27 AGustus 2022). Foto: IST

SULTRAKINI.COM: Rektor Universitas Halu Oleo, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengatakan langkah Pemerintah Kabupaten Buton Utara menggaet ahli dari berbagai bidang ilmu untuk mendampingi jalannya pemerintahannya merupakan langkah tepat sebab tidak ada orang yang ahli segalanya.

“Semua orang punya porsinya masing-masing dalam hal keilmuan,” ujar Zamrun pada Focus Group Discussion (FGD) Kajian Strategis Bersama Tenaga Ahli Wujudkan Buton Utara Lebih Maju, Adil dan Sejahtera, di Kendari, Sabtu (27 Agustus 2022).

FGD tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan antara Rektor UHO dan Bupati Buton Utara, M Ridwan Zakari di Kampus Uho, medio Januari 2022. Menurut Bupati Ridwan pendampingan ini dilakukan dalam upaya merealisasikan RPJMD Buton Utara di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Ahali.

Sebelumnya telah dilakukan MoU kepada Pemkab Butur. UHO kini terlibat langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program pembangunan di Buton Utara.

Rektor Zamrun pun mengungkapkan kegiatan pendampingan seperti ini merupakan  pertama kali untuk UHO sehingga ia berharap kerjasama antar para OPD terkait, dan egosentris bisa dihilangkan demi tercapainya tujuan bersama.

Rektor pun mempersilahkan Pemda Butur ke kampus jika ada hal yang ingin didiskusikan terkait dengan kegiatan yang sedang dilakukan sebab kampus merupakan tempat para akademisi yang menguasai berbagai bidang keilmuan.

Kegiatan sperti ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk pengembangan daerah bagi pemda lain, karena ini diinisiasi oleh pihak pemda sendiri

Baca:   Bupati Butur Resmikan Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera

Sekretaris Bappeda Butur, Zainal Arifin H.Z, saat membuka kegiatan FGD mengakui pendampingan tersebut merupakan langkah strategis bagi Pemda Butur.

Tenaga ahli dari UHO yang mendampingi OPD Butur akan melakukan beberapa program salah satunya adalah angka kemiskinan yang masih menonjol di antara kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tenaga ahli dari FISIP UHO, Dr. H. M. Najib Husain menjelaskan dalam rangka percepatan pencapaian target pembangunan di Butur melibatkan sepuluh dosen pendamping dari berbagai disiplin ilmu, diketuai oleh Rektor  Muh. Zamrun Firihu.

Mereka dari Kalutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Teknik.

Laporan: Shen Keanu

  • Bagikan