Pemda hingga Pemerintah Desa di Koltim Gencar Pencegahan Covid-19

  • Bagikan
Vaksinasi di Kabupaten Kolaka Timur. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Upaya mencegah penularan Covid-19 melalui progrm vaksinasi terus gencar dilakukan di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Salah satunya sosialisasi Covid-19 yang digelar Pemerintah Desa Lowa, Kecamatan Lambandia, Kamis (16 Desember 2021).

Sosialisasi pencegahan Covid-19 di Desa Lowa, Kecamatan Lambandia dihadiri Kapolsek Lambandia, IPTU Wayan Santika, satgas Covid-19 desa, dan masyarakat setempat. Fokus sosialisasi menyangkut tugas pokok penanganan pandemi Covid-19 dan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.

Kapolsek Lambandia dalam sosialisasinya menekankan Undang-undang kesehatan, dimana semua warga berhak mendapatkan hak sehat dan pelayanan serta berkewajiban menjaga pola hidup bersih dan sehat.

“Kami juga berharap kepada semua warga untuk tetap mengedepankan prokes Covid–19 sehingga di Desa Lowa ini dapat kita antisipasi penyebaran virus corona. Saya berharap petugas PPKM yang dibentuk benar–benar melaksanakan fungsinya dan saling koordinasi,” ucap IPTU Wayan.

Di kesempatan itu pula Pemerintah Desa Lowa menyerahkan rompi PPKM bagi anggotanya untuk digunakan dalam melaksanakan tugas mengawal pelaksanaan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19.

Dalam kegiatan itu juga, terlaksana program vaksinasi dengan jenis vaksin Moderna untuk warga Desa Lowa.

Aksi pencegahan Covid-19 sebelumnya juga dilakukan oleh Pemerintah Desa Talata, Kecamatan Tinondo pada akhir Oktober 2021. Selain edukasi menyangkut pencegahan penularan Covid-19, pemerintah desa juga menyukseskan program vaksinasi yang turut dihadiri kepala Puskesmas Tinondo dan sejumlah pihak.

Baca:   Bupati Wakatobi Sambut 97 Jamaah Haji di Rujab

“Selain rapat dan edukasi, sejumlah masyarakat turut menerima vaksinasi Covid-19 dosis satu, dua, dan tiga,” ujar Kepala Desa Talata, Budiman.

Di desa ini juga sedang dibangun posko terpadu Covid-19 hingga melengkapi perlengkapan pemenuhan kebutuhan vitalisasi penanganan Covid-19 melalui anggaran dana desa.

“Sudah tersedia, seperti tempat cuci tangan, masker, hand sanitizer, spanduk imbauan/edukasi (pencegahan Covid-19),” tambahnya. (C)

Laporan: Hasrianty
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan