Pemda Kolaka akan Kirim Bantuan ke Tiga Wilayah Bencana di Sultra

  • Bagikan
Rapat Koordinasi SKPD Kolaka bersama stakeholder menyikapi tanggap darurat banjir dan longsor di tiga wilayah Provinsi Sultra, Jumat (14/6/2019). (Foto: Istimewa)
Rapat Koordinasi SKPD Kolaka bersama stakeholder menyikapi tanggap darurat banjir dan longsor di tiga wilayah Provinsi Sultra, Jumat (14/6/2019). (Foto: Istimewa)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Bupati Kolaka, Ahmad Safei memimpin rapat koordinasi yang mengagendakan tanggap darurat menyikapi banjir dan longsor di tiga wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara. Rakor di ruang rapat bupati, Jumat (14/6/2019) tersebut, dihadiri Dandim 1412 Kolaka dan unsur Forkopimda, serta perwakilan Basarnas, BPBD, dinas sosial, BUMN/BUMD, pimpinan SKPD dan para camat.

Dalam rapat, bupati memerintahkan BPBD Kolaka, Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya segera membentuk posko bencana guna mengkoordinir kesiapan membantu masyarakat dan korban bencana di Kabupaten Konawe Utara, Kolaka Timur, dan Konawe.

Koordinasi yang baik diharapkan agar tidak terjadi mis-komunikasi penyaluran bantuan yang berujung penumpukan bantuan di posko.

“Segera berkoordinasi dengan posko bencana di tiga lokasi bencana, bantuan kemanusian yang sudah terkumpul jangan hanya bertumpuk di sini, segera disalurkan,” ucap Safei.

Khusus tenaga medis dan bantuan kesehatan lainnya, disepakati akan segera dikirim tim di tiga wilayah terdampak bencana apabila dibutuhkan.

Tiga wilayah di Sultra terdampak banjir dan longsor, yakni Kabupaten Konawe Utara, Konawe, dan Kabupaten Kolaka Timur. Akibatnya, sejumlah sarana prasanana di masing-masing wilayah rusak, masyarakat mengungsi, bahkan masih ada daerah terisolir.

Meski relatif aman dari bencana banjir kali ini, masyarakat di Kabupaten Kolaka ikut terdampak karena putusnya jembatan Ameroro di Kabupaten Konawe dan rusaknya sebagian ruas jalan di Kabupaten Kolaka Timur.

Baca:   Pemda Konut Terima Bantuan Sosial dari Perusahaan Tambang

Laporan: Zulfikar
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan