Pemda Konawe Bangun 15 Titik V-sat Akses Internet di Kecamatan Soropia

  • Bagikan
Salah satu titik V-sat bantuan Pemda Konawe melalui Kominfo di Kecamatan Soropia. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe bangun 15 V-Sat untuk perkuat akses internet pada 6 sekolah dan 9 kantor pemerintah desa di Kecamatan Soropia.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Konawe, Muh Akib Ras, mengatakan untuk bantuan akses internet di Kecamatan Soropia lumayan banyak di banding kecamatan lainnya.

“Pembangunan V-sat untuk akses internet ini ada di beberapa kantor seperti Kantor Camat Soropia, Kantor Desa Sawapudo, Kantor Desa Waworaha, Kantor Desa Bokori, Kantor Lurah Toronipa, SPP Leppe, Kantor Desa Bajoe, Kantor Desa Bajoe Indah, dan Kantor Desa Telaga Biru,” ungkapnya, Rabu (6/12/2023).

Selain area perkantoran, lanjut Akib Ras, bantuan akses internet ini juga diberikan pada sekolah SMP 3 Soropia, SMA 1 Soropia, SMP 1 Soropia, SMP 2 Soropia, SD 1 Tapulaga, dan SD Negeri 2 Tapulaga.

“Bantuan akses internet ini dari Pemerintah Pusat melalui Kominfo sesuai angka usulan dari Bupati Konawe,” terangnya.

Akib berharap agar bantuan akses internet ini dapat segera dipasang di masing-masing tempat yang telah ditentukan agar bisa dimanfaatkan untuk kelancaran proses pemerintahan maupun pembangunan.

“Karena saya dapat info di beberapa daerah itu barangnya sudah di drop di masing-masing tempat,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba mengatakan selain bantuan V-Sat untuk perkuat akses internet, Pemda Kabupaten Konawe juga mendapatkan bantuan 400 titik bantuan pembangunan BTS dan Bandwidth.

“Jadi ada kawasan yang kita tambah BTS dan ada juga yang penambahan Bandwidth,” ungkapnya.

Very Small Aperture Terminal atau V-SAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke Satelit.

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan
Exit mobile version