Pemda Konawe Sabet Penghargaan Pengelolaan Dana Desa Terbaik

  • Bagikan
Kepala DPMD Konawe, Keny Yuga menerima penghargaan peringkat I penilaian kinerja dana desa semester II pada 2021. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pengelolaan dana desa se-Kabupaten Konawe dinilai terbaik hingga digancar penghargaan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai peringkat I penilaian kinerja dana desa semester II pada 2021.

Kabupaten Konawe didapuk sebagai peringkat pertama dalam penilaian kinerja dana desa semester II pada 2021 di Provinsi Sultra.

Penghargaan tersebut didapatkan berkat kerja keras dan dorong Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa kepada pemerintah desa untuk mengelola dan memanfaatkan dana desa dengan baik.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala KPPN Kendari, Teguh Retno Sukarno kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe, Keni Yuga ketika menghadiri sosialisasi penyaluran dana fisik, dana desa, dan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) pada 2022, Selasa (15 Maret 2022).

Kepala Dinas PMD Konawe mengatakan, tidak mudah meraih prestasi tersebut karena banyaknya variabel yang menjadi obyek penilaian. Namun Pemerintah Kabupaten Konawe dapat membuktikan bahwa tata kelola dana desa di Konawe sudah sangat baik.

“Ini semua kita raih berkat bimbingan dan arahan dari Bapak Bupati bersama Sekda. Mereka berdua tak henti-hentinya mengingatkan perbaikan tata kelola keuangan di desa,” jelas Keny, Rabu (16 Maret 2022).

Baca:   Dulu Hitz, Destinasi Wisata Argawana Camp di Unaaha Kini Tidak Terurus

Penilaian kinerja dana desa, lanjutnya, melalui empat kriteria dan harus saling berkesesuaian. Adapun indikatornya, yaitu kecepatan penyaluran nilai 40 persen, serapan anggaran 30 persen, capaian output 25 persen, dan partisipasi aktif lima persen.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan dengan penghargaan kinerja pemerintah desa maupun kami di DPMD bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan ke arah lebih baik,” ujarnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan