Pemda Konkep Rencanakan Tiga Puskesmas Terakreditasi di 2019

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Konkep, Sastro. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)
Kepala Dinas Kesehatan Konkep, Sastro. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Tiga puskesmas di Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara bakal dinilai untuk mendapatkan akreditasi pada 2019. Dinas Kesehatan Konkep telah melakukan penggalangan komitmen di sekitar puskesmas, di antaranya tokoh pendidik, karang taruna desa, serta kader-kader kesahatan untuk kebutuhan tersebut.

Ketiga puskesmas bakal dinilai, yakni Puskesmas Lansilowo di Kecamatan Wawonii Utara, Puskesmas Roko-roko di Kecamatan Wawonii Tenggara, dan Puskesmas Polara di Kecamatan Wawonii Tenggara. Rencananya tim survei dipanggil pada Oktober 2019.

“Masih ada berapa bulan untuk kita menyiapkan dan berbagai untuk akreditasi. Harapanya kita, semoga tujuh puskesmas yang ada di Wawonii ini dapat mengantongi akreditasi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Konkep, Sastro, Jumat (1/2/2019).

Apabila ketiga puskesmas lulus akreditasi, puskesmas tersebut melengkapi jumlah puskesmas terakreditasi di wilayah setempat dengan kategori kelulusan dasar. Sebab, dari tujuh puskesmas, baru Puskesmas Langara di Kecamatan Wawonii Barat dan Puskesmas Lampeapi di Kecamatan Wawonii Tengah mengantongi akreditasi. Sementara Puskesmas Waworete dan Puskesmas Bobolio sementara menunggu hasil kelulusan akreditasi.

Untuk diketahui, Puskesmas Roko-roko rencananya tahun ini difungsikan. Layanan kesehatan ini mewadahi Desa Saenoa Indah, Desa Nambo Jaya, Desa Dompo, Desa Sukarela Jaya, Desa Roko-roko, Desa Bahaba, dan Desa Teporoko di Kecamatan Wawonii Tenggara.

Baca:   Kolaborasi Komisi V DPR RI dan BMKG Edukasi Nelayan di Sultra Lewat Sekolah Lapang

Laporan: Aldi Dermawan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan