Pemda Mubar Ajukan Tambah 4 OPD

  • Bagikan
Kabag Hukum Setda Mubar, La Gandi. (Foto: Koleksi Pribadi)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Pemerintah Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara mengajukan penambahan empat organisasi perangkat daerah (OPD) baru dalam rangka menggenjot perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

“Kita menambah empat OPD baru, ini untuk membuka akses agar roda perekonomian dapat digenjot di tengah pandemi,” kata Kabag Hukum Setda Mubar, La Gandi, Senin (6/9/2021).

Yang dimaksud La Gandi adalah Dinas Pendapatan dan Aset, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan.

Dalam struktur sebelumnya, organisasi ini dimasukkan dalam instansi lainnya. Namun belakangan dinilai tidak fokus dalam menyusun rencana kerja dan pelaksanaannya sehingga diusulkan berdiri sendiri.

“Misalnya, Badan Pendapatan Daerah akan lebih fokus menggali potensi PAD yang belum tergarap maksimal selama ini. Kemudian Dinas Ketahanan Pangan akan menggali seluruh potensi daerah, lalu Perpustakaan dan Kearsipan serta Pemberdayaan Perempuan,” jelasnya.

Selain perencanaan itu, akan ada penyesuaian lainnya untuk mendukung visi dan misi kepala daerah ke depan.

Penambahan OPD tertuang dalam rancangan perubahan Struktur Organisasi Perangkat Daerah di mana tahapnya masuk dalam tahapan pembahasan di DPRD setempat.

“Raperdanya dalam pembahasan di DPRD beserta sepuluh raperda lainnya,” terang La Gandi.

Ia berharap semua raperda yang masuk dalam pembahasan DPRD Mubar segera terwujud tanpa ada kendala, agar visi dan misi pemerintah daerah dapat terwujud. (C)

Baca:   Perpustakaan Daerah Perkuat Literasi Membaca di Sultra

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan