Pemda Mubar Dapat Jatah 232 Orang Formasi CPNS 2021

  • Bagikan
Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Muna Barat La Ode Mahajaya, (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)
Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Muna Barat La Ode Mahajaya, (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUBAR – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) berhasil mendapat jatah 232 orang untuk formasi CPNS dan P3K tahun 2021.

Penetapan kuota formasi CPNS dan P3K Kabupaten Muna Barat berdasarkan Surat Keputusan Menpan-RB Nomor 762 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Muna Barat.

“Tahun ini kita mendapatkan 232 formasi CPNS dan PPPK, ” ungkap La Ode Mahajaya, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Muna Barat, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (18/5/2021).

Ia mengatakan total kuota 232 orang tersebut terbagi dua jalur yakni CPNSD dan P3K, dengan rincian CPNSD sebanyak 79 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan 11 orang dan tenaga teknis sebanyak 68 orang.

Sedangkan untuk P3K sebanyak 153 orang yang terdiri dari guru 138 orang, penyuluh pertanian 5 Orang dan tenaga pada sekretariat daerah sebanyak 10 orang.

“CPNS 79 orang, 11 orang tenaga kesehatan dan 68 lainnya tenaga teknis. Untuk PPPK sebanyak 153 orang, 138 untuk formasi guru, 5 orang penyuluh pertanian dan 10 orang akan ditempatkan di sekretariat daerah,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat itu menjelaskan, untuk formasi tenaga guru semuanya adalah P3K dengan jumlah formasi sebanyak 138 orang nantinya akan direkrut langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Semua formasi guru sebanyak 138 orang adalah PPPK yang akan direkrut langsung oleh Kemendikbud,” terangnya.

Baca:   Arhawi-Ilmiati Didemo, Masa Gunakan Baju Bertuliskan "#2020 Ganti Bupati"

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada perekrutan nanti pemerintah daerah hanya sebatas mengumumkan saja pendaftarannya setelah itu diserahkan kepada Kemendikbud untuk melakukan seleksi dan hasil seleksi akan diserahkan kembali ke pemerintah daerah untuk diumumkan kelulusannya lalu diproses pengangkatannya.

Sementara untuk formasi CPNSD lanjutnya, Pemda Muna Barat mendapat formasi sebanyak 79 orang yang nantinya akan diproses oleh pemerintah daerah melalui sistem CAT oleh BKN seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ia mengaku pendaftaran kemungkinan akan diumumkan pada akhir bulan Mei ini, namun pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari BKN.

“Bulan Mei ini rencana sudah akan diumumkan, kita masih sementara menunggu juknis” ucapnya.

Dia juga menegaskan, belajar dari pengalaman tahun lalu terkait dengan beberapa CPNS yang dinyatakan sudah lolos namun mengundurkan diri ia mengatakan akan melakukan pakta integritas. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan