Pemda Wakatobi Optimis Juara Umum di MTQ Provinsi

  • Bagikan
Kafilah Wakatobi yang tiba di lokasi MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Buton Utara, tepatnya Islamic Center Buton Utara. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Walaupun hanya mengerahkan 81 kafilah di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-27 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi optimis raih juara umum.

“Kami tetap optimis walaupun hanya 81 peserta yang kami bawa,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Wakatobi, Sahibuddin Najib, Senin (19/3/2018).

Dijelaskannya, Wakatobi hanya mengikuti 15 cabang lomba, di antaranya 12 untuk kategori MTQ dan kategori Lasqi hanya tiga lomba.

“Untuk MTQ, yaitu Tilawah golongan anak putra-putri, Tartil putra-putri, Tilawah golongan dewasa dan remaja putra-putri, Cacat netra putra, Qiraat Murattal remaja dan dewasa putra-putri, Qiraat Mujawwad putra putri, Hifzhil 10 juz dan Tilawah putra putri, Khat naskah putra-putri, Khat kontemporer putra-putri, Khat hiasan putra, Khat dekorasi putra, Fahmil Quran putra-putri, Syarhil Quran putra-putri, MMQ putra-putri. Sementara untuk Lasqi yang diikuti, yaitu Kasidah klasik remaja putra-putri, Bintang vokalis anak, remaja, dan dewasa putra-putri, dan Fesyen Show remaja putra-putri,” jelas Sahibuddin.

Menurut pelatih lomba, Abdul Karim, cabang yang tidak diikutkan dalam MTQ, yakni hafalan Al Quran satu juz untuk anak, hafalan Al Quran lima juz untuk remaja, dan hafalan 30 juz untuk remaja. Kategori Lasqi, yaitu kasidah putra dewasa.
Sehubungan para kafilah, tambahnya, mereka baru saja dilatih usai perlombaan MTQ tingkat kabupaten pada 27 Februari 2018.

Baca:   Kafilah Kendari Raih Juara III di MTQ Provinsi

“Jadi untuk MTQ, kita tidak ikut tiga kategori dan Lasqi satu kategori,” terangnya.

 

Laporan: Amran Mustar Ode

  • Bagikan