Pemilihan 2024 Kota Kendari Berpotensi Tambah Dapil dan Kursi Dewan

  • Bagikan
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kiri depan) saat menyampaikan sambutan pada acara diskusi Kesbangpol Kota Kendari Menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024 yang Berintegritas dan Bermartabat, Selasa (15/11/2021).

SULTRAKINI.COM: KENDARI Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyatakan bahwa Kota Kendari pada pemilihan serentak 2024 mendatang berpotensi terjadi penambahan jumlah daerah pemilihan (dapil) dan kursi dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD).

Potensi perubahan dapil dan alokasi kursi dewan tersebut disampaikannya saat membuka diskusi penataan dapil dan kursi DPRD yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kota Kendari yang bertajuk Menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024 yang Berintegritas dan Bermartabat, Selasa (15/11/2021).

Perubahan tersebut, dikatakannya, karena adanya perubahan administratif wilayah di Kota Kendari.

“Berubahnya secara administrasi  kewilayahan di Kota Kendari yang dulu hanya 10 kecamatan bertambah menjadi 11 dengan hadirnya Kecamatan Nambo, juga bertambah satu kelurahan dari 64 kelurahan menjadi 65 kelurahan dengan hadirnya kelurahan wundumbatu,” ungkap Sulkarnain.

Dia juga berharap melalui diskusi Kesbangpol ini bisa terjadi tukar gagasan dan ide yang mengacu dalam ketentuan dan aturan yang berlaku sehingga bisa menjadi bahan rekomendasi pada pihak penyelenggara pemilihan 2024 akan datang.

“Inilah yang kemudian menjadi bahan untuk disampaikan kepada pihak terkait dalam hal ini misalnya KPU pusat, KPU Provinsi, Bawaslu Pusat, dan Bawaslu Provinsi yang punya kewenangan untuk menetapkan,” ucapnya.

Menurutnya, diskusi dan kajian awal Kesbangpol ini sebagai langkah awal pemerintah daerah sehingga nantinya penyelenggaraan Pemilu 2024 betul-betul seperti yang diharapkan bisa menghasilkan kualitas yang lebih baik dari pemilu-pemilu sebelumnya.

Baca:   KPP Pratama Kendari: Pajak Jumlah Kecil, Perusahaan Susah Ditagih

“Tentu harapannya agar bisa nanti peran lembaga-lembaga terkait hasil pemilu ini bisa merepresentasikan kepentingan masyarakat,” tutupnya.

Laporan: Laode Ahmad Rusidha
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan