Pemkab Buton akan Serahkan Bantuan Bibit Kepada Warga Melalui Program TMMD

  • Bagikan
Plt Kepala Dinas Pertanian Buton, Ma’mul Djamal didampingi personil TMMD Kodim 1413/Buton (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Plt Kepala Dinas Pertanian Buton, Ma’mul Djamal didampingi personil TMMD Kodim 1413/Buton (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 1413 Buton di tiga desa Kecamatan Lasalimu Selatan menaruh perhatian pada sektor pertanian dengan memberikan bantuan bibit pala dan kelapa kepada warga. Kemudian memberikan pemahaman proses praktek menanam sebagai tindak lanjut dari penyuluhan pertanian.

Adapun tiga desa yang akan diberikan bantuan bibit tanaman diantaranya Desa Mulya Jaya, Desa Harapan Jaya dan Desa Sangia Arano.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Buton, Ma’mul Djamal, mengatakan bibit kelapa genja dan pala akan diberikan kepada warga sekaligus pihaknya akan memberikan pengarahan penanam dan perawatan pala yang baik dan benar. Sehingga dengan percontohan ini masyarakat dalam menanam mengetahui cara yang baik dapat dikembangkan diluar TMMD nantinya.

“Dijadwalkan, proses penanamannya secara simbolis akan diikuti Bupati Buton La Bakry, Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan dan Kapolres Buton AKBP Gunarko. Disediakan 50 bibit masing-masing namun kalau lebih banyak lebih baik supaya semua bisa praktek langsung dan paham,” kata Ma’mul, Sabtu (13/3/2021).

Jadwal penyerahan dan penanaman pada program TMMD ini kata Ma’mul masih menunggu persiapan dari semua pihak. “Insya Allah dalam waktu dekat ini,” katanya.

Dandim 1413/Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan melalui Komandan SSK TMMD ke-110, Letnan Dua Ridwan mengatakan, penyaluran bibit pala dan kelapa genja di lokasi TMMD merupakan salah satu dari beberapa program non fisik TMMD dari Kodam XIV Hasanuddin dibawah pimpinan Mayjen TNI Andi Sumangerukka

Baca:   Ratusan Pegawai RSUD Wakatobi Ancam Mogok Kerja, Ini Alasannya

“Melalui kegiatan TMMD ini, kami dari TNI ikut serta membantu proses penanamannya. Tentu kita berharap, hasil panennya nanti bisa membantu mendongkrak ekonomi masyarakat setempat,” kata  Ridwan (13/3/2021). (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan