Pemkot Baubau Gelar Upacara HUT ke-20

  • Bagikan
Upacara HUT Kota Baubau. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau menggelar Upacara Hari Jadi Baubau ke-480 dan HUT Kota Baubau ke-20 sebagai daerah otonom di Lapangan Upacara Kantor Wali, Minggu (17 Oktober 2021).

Wali Kota Baubau, AS Tamrin, mengatakan upacara sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT Kota Baubau ini mengingatkan kembali pada 480 tahun sebagai catatan sejarah dilantiknya Sultan Murhum Kaimuddin Khalifatul Khamis pada 1542 Masehi atau 948 Hijriah sebagai Sultan Buton Pertama.

“Sekaligus sebagai simbolis masuknya Islam di Buton menjadi awal mula penentuan hari jadi Kota Baubau,” tambahnya.

Wali Kota bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak atas beberapa penghargaan nasional yang disematkan untuk Kota Baubau. Penghargaan itu adalah kerja sama semua pihak para instansi pemerintah, forkopimda, anggota dewan, dan masyarakat Kota Baubau.

Adapun prestasi Kota Baubau, di antaranya Manggala Karya Kencana 2021 dari kepala BKKBN RI mewakili Sulawesi Tenggara pada penilaian Kota Sehat tingkat nasional untuk Swasti Saba Wistara yang merupakan klasifikasi tertinggi pada penghargaan kota sehat, serta predikat Wajar Tanpa Pengecualian secara berturut-turut.

Kadis Kominfo Kota Baubau, La Ode Darussalam, menambahkan rangkaian upacara HUT Baubau dibacakan menggunakan bahasa daerah diikuti penerjemahan ke bahasa Indonesia.

Baca:   Kabar CPNS 2019, Mau Tahu Jumlah Formasinya?

Upacara berlangsung dengan khidmat dan selesai dengan tertib dan aman. Turut hadir Bupati Buton, La Bakry dan rombongan, porkopimda Kota Baubau, dan jajaran SKPD. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan