Pemkot Baubau Genjot Capaian Vaksinasi Hingga Akhir Tahun

  • Bagikan
Giat vaksinasi di Kota Baubau (Foto Dok SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau bersama Dinas Kesehatan Kota Baubau menargetkan capaian vaksin 70 sampai 80 persen hingga Desember 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Marfiah Tahara mengatakan sejak Februari 2021 kegiatan vaksinasi sudah dilakukan hingga akhir November 2021, namun capaian vaksin masyarakat Kota Baubau masih dibawah setengah dari target vaksin yaitu sekitar 40,12 persen.

Angka ini kata Marfiah, termasuk kegiatan vaksinasi Dharma Wanita Kota Baubau yang  menargetkan akan menghabiskan 2.019 dosis.

Rendahnya angka capaian vaksin di Kota Baubau mengharuskan pihaknya untuk terus menggencarkan kegiatan vaksinasi baik untuk pelajar maupun masyarakat umum yang melibatkan berbagai pihak.

Kini, giat vaksinasi dilakukan Satgas Covid-19 bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, swasta, maupun TNI-Polri disejumlah akses layanan vaksin di 17 Puskesmas yang tersebar di 8 Kecamatan di Kota Baubau.

“Hampir setiap pekan ada kegiatan vaksinasi massal yang lakukan oleh lembaga maupun TNI/Polri,” ungkap Marfiah Tahara, Kamis (2/12/2021).

Dia menjelaskan, sasaran vaksin di Kota Baubau saat ini sebanyak 120 ribu orang yang memiliki latar belakang dan usia yang berbeda mulai dari tenaga kesehatan (nakes), petugas pelayan publik seperti pegawai pemerintah maupun swasta, pelajar, lansia hingga disabilitas.

Baca:   Muna Produsen Terbesar Udang Vaname dan Rumput Laut di Sultra

Adapun stok vaksin di Dinas Kesehatan Marfiah memastikan akan terus tersedia, dimana pihaknya rutin setiap pekan menjemput vaksin dari provinsi.

“Setiap hari kita bekerja, setiap Sabtu nakes kita juga ada kegiatan vaksinasi di Polres,” katanya.

Marfiah berharap masyarakat dapat mendukung dan turut berpartisipasi pada kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk percepatan herd immunity sehingga masyarakat Kota Baubau dapat kebal dengan virus Covid-19. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamri
n

  • Bagikan