Pemkot Kendari akan Bahas Persoalan Air untuk Masa Depan dengan Pemda Konawe

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain K memimpin rapat bersama OPD terkait tentang pembangunan Intake di Tabanggele, Konawe. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menindaklanjuti hasil pertemuan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dengan Sekda Konawe, Pemerintah Kota Kendari menggelar Rapat Pembangunan Sumber Air Baku (Intake) di Tabanggele bersama jajarannya, Selasa (9/3/2021).

Sulkarnain mengatakan, pertemun dengan sekda Konawe membahas sejumlah hal berkaitan dengan pembangunan atau perbaikan Intake di Tabanggele. Untuk lebih meyakinkan Pemerintah Kabupaten Konawe, Pemkot bersama PT Adhi Karya akan mempresentasikan program perbaikan Intake di Tabanggele, Kecamatan Anggalomoare, Kabupaten Konawe pada DPRD Konawe yang selanjutnya bisa bersama-sama menyakinkan masyarakat agar mendukung program tersebut.

“Saya berharap ini segera diproses, paling lambat pekan depan dikomunikasikan ke Pemkab Konawe mengenai jadwal presentasi, lalu bagaimana redaksi juga dicantumkan. Makanya saya memanggil semua di sini agar semua clear (selesai),” ujarnya saat memimpin rapat.

OPD terkait juga diimbau segera menyiapkan dan memproses langkah-langkah selanjutnya demi tercapainya tujuan program pembangunan atau perbaikan Intek Tabanggele. Program ini digadang-gadang akan membantu Intake Pohara dalam menyuplai persediaan air di Kota Kendari. Dalam rencana pembangunan hal itu Pemkot Kendari menggandeng investor PT Adhi Karya dengan nilai investasi sekitar Rp 500 miliar.

Sebelumnya Wali Kota Kendari memprediksi ketika pembangunan Intake tuntas akan menangani kebutuhan air 80 persen keluarga di Kota Kendari. Untuk itu diharapkan program tersebut berjalan lancar sehingga masyarakat dapat dinikmati hasilnya ke depan.

Baca:   Ini Pusat Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kendari

“Kalau ini jadi, kapasitasnya itu 900 liter per detik dan kalau ini berproduksi itu bisa meng-cover sampai 80 persen keluarga di Kota Kendari,” terangnya, Selasa (7/1/2020).

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan