Pemkot Kendari Bakal Datangkan 2 Unit Mobil Pembersih Debu Jalan, Anggaran Disiapkan 5,6 Miliar

  • Bagikan
Kepala DLH Kota Kendari, Nismawati (Foto: Ist)
Kepala DLH Kota Kendari, Nismawati (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kendari berencana bakal mendatangkan 2 unit Mobil Sweeper untuk membersihkan debu di jalan raya. Dalam pengadaan ini Pemkot menyiapkan anggaran sebesar Rp5,6 miliar. 

Kepala DLH Kota Kendari, Nismawati menerangkan bahwa untuk tahun ini pihaknya melakukan pengadaan untuk mobil penyedot debu jenis Sweeper. Harga Mobil Sweeper tersebut setiap unitnya mencapai Rp2,8 miliar dengan total anggaran yang disiapkan Rp5,6 miliar untuk dua unit mobil. 

Kata dia, pengadaan arman mobil ini juga sebagai upaya Pemkot untuk mewujudkan kota sebagai tempat yang nyaman, bersih, dan asri bagi pengguna jalan. 

“Jadi, di tahun 2022 ini kita adakan mobil Sweeper sebanyak 2 unit. Nantinya mobil ini bisa mengisap debu yang berada di ruas jalan raya,” jelasnya, Selasa (18/1/2022). 

Menurutnya, Pemkot perlu memiliki mobil tersebut karena mengingat masih banyaknya truk dengan muatan tanah ataupun timbunan yang muatannya kerap berjatuhan di badan jalan. Sehingga hal ini dapat mengganggu pengguna jalan yang lain. 

“Kebanyakan itu mobil-mobil dari luar kota, misalnya dari daerah yang berlumpur. Mobil itu masuk di jalan aspal yang bersih pasti membuat tanah yang ada di ban melengket di aspal nantinya, saat kering akan jadi debu,” terang Nismawati. 

Baca:   Pemkot Kendari Buat Pondok "Pampers" di Setiap Kecamatan

Lanjutnya, tanah yang melengket di jalan tersebut akan merusak keindahan kota Kendari. Sehingga dirasa perlu diadakan mobil ini untuk membersihkan debu tersebut. 

“Insya Allah, dalam waktu dekat sisa dilaporkan ke atasan untuk kemudian saya menyurat untuk dilakukan lelang,” tandasnya. (B)  

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan