Pemkot Kendari Jalin Kejasama dengan Dua Kabupaten di Sultra Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

  • Bagikan
Penandatanganan kerjasama antara Kota Kendari diwakili oleh Wali Kota Kendari (kedua dari kiri), Pemkab Konsel (paling kiri), Pemkab Konut (kanan), Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARIPemerintah Kota Kendari dibawa nahkoda Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir resmi menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dan Pemkab Konawe Utara.

Kerjasama tersebut ditandai dengan kesepakatan bersama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot dan dua kabupaten tersebut, di salah satu hotel di Kendari, Kamis (21/10/2021).

Kerjasama yang dimaksud dalam rangka peningkatan perekonomian antara ke-tiga belah pihak untuk kesejahteraan masyarakat diwilayah masing-masing.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Nahwa Umar dalam sambutannya mengungkapkan dari kerjasama antar daerah ini ada beberapa tujuan yang akan dicapai, yaitu kerjasama ini bakal saling menguntungkan utamanya memajukan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat melalui sektor prioritas dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

“Ruang lingkup kerjasama antara Kota Kendari dengan Kabupaten Konsel yaitu pada sektor pertanian, perikanan, peternakan, perhubungan, pariwisata, perdagangan, komunikasi dan informasi,” bebernya Kamis (21/10/2021).

Kendati demikian, dari tujuh sektor disepakati dengan Konsel baru dipersiapkan untuk tiga sektor saja yaitu pertanian, peternakan, dan pariwisata. Sektor pertanian kata Nahwa, yaitu dibidang perdagangan sayur mayur dan komoditi, seperti cabe merah, lombo, tomat, kangkung, terong, bayam kacang panjang, timun dan sawi.

Pada sektor peternakan bidang perdagangan yakni sapi potong, penyediaan pakan unggas seperti pakan ayam organik dan tepung ikan. Sektor terakhir adalah Pariwisata di bidang SDM dan promosi wisata yaitu Air Terjun Moramo dan Desa Namu.

Sementara untuk kerjasama dengan Konut pihaknya menyepakati lima sektor yaitu pariwisata, perkebunan, perdagangan, pertanian dan perhubungan.

Baca:   Pemkot Kendari Kembali Terima Penghargaan Kota Layak Anak

“Sementara yang telah disepakati dan telah disiapkan yaitu pada sektor pariwisata yakni Pulau Labengki,” tutur Nahwa

Sementara itu, Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan kerjasama ini merupakan suatu hal yang sangat baik bagi perkembangan perekonomian suatu daerah. Hal ini menurutnya dapat menjembatani seluruh potensi yang ada di daerah, baik yang ada di kabupaten maupun kota.

“Kami sebagai ibu kota provinsi sangat mendukung kerjasama ini, dan untuk saat ini kita masih melakukan kerjasama dengan dua kabupaten yaitu Konawe Selatan dan Konawe Utara,” ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Lanjutnya, tidak menutup kemungkinan  nantinya kerjasama semacam ini bakal dilakukan dengan kabupaten lain, tentunya hal itu kata dia akan menyesuaikan dengan potensi yang ada di daerah tersebut.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Konsel Rasyid mengatakan dengan adanya kerjasama ini maka, kedepannya akan memberikan motivasi bagi para petani di bidang pertanian.

“Kedepannya diharap kerjasama semacam ini bukan hanya antar daerah di Sultra saja, melainkan lebih dari itu dapat dilakukan kerjasama pada lintas provinsi,” tandasnya. (B/Adv)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan