Pemkot Kendari Tetapkan 104 Lokasi Salat Idul Adha

  • Bagikan
Rapat penetapan titik salat Idul Adha di Kota Kendari, Rabu (31/7/2019). (Foto: Humas Pemkot Kendari)
Rapat penetapan titik salat Idul Adha di Kota Kendari, Rabu (31/7/2019). (Foto: Humas Pemkot Kendari)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari bersama Panitia Penyelenggara Hari Besar Islam menetapkan 104 masjid sebagai lokasi salat Idul Adha 1440 Hijriah tersebar di sebelas kecamatan di Kota Kendari. Penetapan ini keluar usai Pemkot bersama PHBI menggelar rapat persiapan pelaksanaan salat Idul Adha di ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari, Rabu (31/7/2019).

Pelaksana Harian Wali Kota Kendari, Nahwa Umar, mengatakan terdapat 104 lokasi salat Idul Adha. Keputusan ditetapkan dalam rapat persiapan yang dihadiri langsung forkopimda Kota Kendari, Ketua MUI, Ketua PHBI, Kemenag Kota Kendari, camat, dan lurah. Termasuk para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Ada 104 titik yang tersebar di seluruh wilayah Kota Kendari. Sehubungan dengan pembagian wilayah ini agar segera dilakukan koordinasi terkait imam yang akan memimpin salat di masing-masing wilayah, agar pelaksanaan salat ied berjalan dengan baik,” ucap Nahwa.

Kata mantan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari ini, dalam rapat persiapan membahas empat poin, yakni pembagian tempat salat, pengaturan petugas salat (imam dan khatib), daftar hewan kurban, dan persiapan takbiran.

Disamping itu, ia mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan salat Idul Adha.

ibu alimazi

“Kami juga meminta kepada pihak Polres dan Kodim 1417/Kendari membantu dalam mengawasi pelaksanaan salat Idul Adha,” tambah Nahwa.

Baca:   Mako Brimob Bakal Dibangun di Buteng

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Kota Kendari, Abdul Rauf saat ditanya jumlah hewan yang bakal dikurbankan ia mengaku belum memegang data pasti.

“Data pasti belum ada, tapi intinya masyarakat Kota Kendari sangat santusias untuk berkurban. Artinya, tingkat kepedulian untuk berkurban cukup tinggi,” ujar ASN yang pernah menjabat Sekcam Baruga itu, Rabu (31/7/2019).

Terkait lokasi solat Idul Adha, Abdul menambahkan sementara terdapat 104 titik yang ditentukan oleh Pemkot Kendari.

“Sementara 104 titik, siapa tahu ada penambahan nanti kita sampaikan,” jelasnya. (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan