Pemprov Sultra Kirim 18 Ton Bantuan Ke Sulbar

  • Bagikan
Gubernur Sultra, Ali Mazi menyerahkan secara simbolik paket bantuan kepada pilot pesawat Hercules (Foto: Ist)
Gubernur Sultra, Ali Mazi menyerahkan secara simbolik paket bantuan kepada pilot pesawat Hercules (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengirim 18 ton bantuan dari masyarakat untuk korban gempa bumi yang melanda Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat, 15 Januari 202, lalu.

Kegiatan pelepasan bantuan tersebut dilakukan langsung Gubernur Sultra Ali Mazi bersama Kapolda Sultra, Irjend Pol Yan Sultra Indrajaya, Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, Sekda Provinsi Hj. Nur Endang Abbas, Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Muzafar, Danlanal Kendari Kolonel Laut Andike Sry Mutya, Kadisops Lanud Hlo, Kadispers Lanud Hlo, Kadislog Lanud Hlo, Dansat POM AU Lanud Hlo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Asrun Lio, Kepala Dinas Sosial Armunanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ridwan Badallah, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boy Ihwansyah, melalui Bandara Haluoleo Konawe Selatan, Senin (25/1/2021).

“Insya Allah bantuan ini dari masyarakat melalui Pemerintah Provinsi, Forkopimda, TNI dan Polri. Kami beri bantuan untuk kita sampaikan kepada saudara kita, keluarga kita yang sedang mengalami bencana di Sulawesi Barat,” tutur Ali Mazi usai melepas bantuan, Senin (25/1/2021).

Sebelumnya Pemprov Sultra juga telah mengirimkan bantuan untuk korban terdampak gempa bumi di Sulbar melalui jalur darat. Hanya saja pengiriman melalui jalur darat dianggap perlu waktu, sehingga ditempuh jalur udara yang lebih cepat.

Baca:   Ini Besaran Zakat Fitrah 1442 H Untuk Wilayah Konawe

“Karna kalau kita harus menggunakan darat lagi, kemarin kita sudah berangkatkan satu kloter itu 20 jam dalam perjalanan. Mudah-mudahan bantuan hari ini setibanya di Makassar atau mungkin langsung ke Sulawesi Barat di Mamuju 20 menit segera disalurkan kepada yang membutuhkan,” kata Ali Mazi.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa Beras, Mi Instan, Makanan Kaleng, Susu, dan Popok. Dominan bantuan yang disalurkan yakni pangan, dimana bantuan beras kurang lebih hampir 10 ton. Dengan rincian 4.335 Kg beras ditambah cadangan sekitar 4.335 Kg beras. Bantuan ini diangkut menggunakan pesawat Hercules A-1337 milik TNI-AU dan langsung diterbangkan menuju Sulbar.

Ali Mazi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat, TNI dan jajarannya, terkait fasilitas yang diberikan untuk memudahkan pengangkutan bantuan ini untuk masyarakat terdampak bencana alam di Sulbar.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Sultra terhadap korban bencana alam di Sulbar,” ujarnya.

Ia sampaikan, bahwa karena kapasitas pesawat yang terbatas, bantuan yang tergalang belum terangkut semua sehingga diharapkan pesawat akan kembali lagi.

Gubernur menyerahkan secara simbolik paket bantuan tersebut kepada pilot pesawat Hercules yang selanjutnya akan mengangkutnya ke Sulbar. Diperkirakan, pesawat ini akan tiba di Sulbar dalam waktu 45 menit. Bantuan logistik dari Pemprov Sultra ini diangkut dari VVIP Bandara Halu Oleo menuju pesawat.

Baca:   Kementerian Perdagangan Dorong Pengembangan Ekspor Produk Pertanian Organik Butur

Danlanud Halu Oleo, Kolonel Pnb Muzafar S. Sos, juga menyampaikan bahwa TNI AU telah menyiapkan bantuan sekitar 35 sortir atau kurang lebih hampir 350 ton bantuan dari masyarakat yang telah direncanakan untuk disalurkan ke daerah terdampak bencana.

“Jadi Pak Gubernur bukan hanya di Sulbar saja, nanti disiapkan juga untuk di Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Hingga kini, antusiasme masyarakat Sultra diberbagai daerah dalam menggalang bantuan bagi korban bencana alam di Sulbar begitu tinggi. Di berbagai sudut Kota Kendari, misalnya, terlihat warga terus menggalang bantuan dan dukungan. (B)

Laporan: La Niati & Mahatma Adnan Nuari

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan