Pemprov Sultra Pastikan Kesiapan Logistik Pemilu 2024

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sultra tengah berdialog dengan Ketua KPU PRovinsi Sultra mengenai kesiapan logistik pemilu 2024. FOTO: RISWAN/SULTRAKINI.COM
Penjabat Gubernur Sultra tengah berdialog dengan Ketua KPU PRovinsi Sultra mengenai kesiapan logistik pemilu 2024. FOTO: RISWAN/SULTRAKINI.COM

SULTRAKINI.COM: Menjelang Pemilihan Umum 14 Februari 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, melakukan inspeksi mendetail terhadap persiapan logistik Pemilu di Gudang KPU Kota Kendari, Selasa (16/1/2024).

Peninjauan ini merupakan bagian dari upaya Pemprov Sultra dalam memastikan kelancaran Pemilu, sebagaimana diamanatkan oleh UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Dalam kunjungannya, Pj Gubernur mengungkapkan kepuasannya terhadap status persiapan logistik yang sudah hampir lengkap. “Kami datang untuk memastikan bahwa semua logistik Pemilu telah siap. Hanya tersisa penambahan alat-alat khusus untuk pemilih disabilitas,” ujar Andap Budhi Revianto.

Peninjauan ini adalah tindak lanjut dari Rapat Koordinasi (Rakor) yang diadakan antara Pemprov Sultra dan KPU pada Senin (15/1/2024), dimana dibahas ketersediaan logistik serta alokasi tempat pemungutan suara.

“Berdasarkan pasal 434 UU Pemilu, kami memiliki enam tugas utama, termasuk penyediaan Sarpras dan transportasi logistik Pemilu, yang kami prioritaskan untuk memastikan proses Pemilu berjalan lancar,” lanjut Pj Gubernur.

Ketua KPU Sultra, Asril, menambahkan bahwa alat bantu khusus untuk surat suara pemilih disabilitas, khususnya untuk Calon Presiden, Wakil Presiden, dan Cal

on perseorangan DPD, masih dalam proses pengiriman.

“Kami menunggu kedatangan alat bantu tersebut untuk melengkapi TPS. Namun, untuk surat suara DPR RI, kami telah menyediakan pendamping yang akan membantu dengan mengisi form E-3 secara rahasia sesuai pilihan pemilih disabilitas,” terang Asril.

Peninjauan oleh Pj Gubernur Sultra ini menandai langkah signifikan dalam persiapan Pemilu di Kendari, memastikan bahwa semua elemen terkait, dari logistik hingga fasilitas bagi pemilih disabilitas, telah disiapkan dengan baik.

Kesiapan ini menunjukkan komitmen Pemprov Sultra dan KPU dalam menyelenggarakan Pemilu yang inklusif dan demokratis.

Laporan: Riswan

  • Bagikan
Exit mobile version