Pemprov Sultra Siap Gelar Vaksinasi Merdeka

  • Bagikan
Persiapan vaksinasi merdeka di Posko Satgas Covid-19 Sultra, Kota Kendari. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mempersiapkan vaksinasi merdeka, dirangkaikan dengan penyerahan bantuan paket sembako dalam peringatan HUT RI ke-67. Kegiatan di Posko Terpadu Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sultra, Kota Kendari ini akan berlangsung pada Senin (16/8/2021).

Ketua Umum Panitia Vaksinasi Merdeka serta Penyerahan Sembako, Nur Endang Abbas mengaku vaksinasi merdeka tengah diupayakan agar berjalan lancar pada Senin besok. Persiapan pelaksanaannya juga dipastikan Wakil Ketua Panitia, Asrun Lio.

Vaksinasi massal dengan menyasar masyarakat umum dari berbagai latar belakang sosial itu diadakan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam upaya nyata mencegah penyebaran Covid-19 di “Bumi Anoa” ini.

“Sesuai harapan Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, Ali Mazi bahwa salah satu cara mencegah penyebaran Covid-19, yakni vaksinasi. Untuk itu, dibutuhkan kesadaran yang tumbuh dari seluruh masyarakat akan pentingnya melakukan vaksinasi,” ucap Kepala Dikbud Sultra itu dalam rilis, Minggu (15/8/2021).

Kegiatan Senin besok dibatasi, hanya 1.500 orang untuk vaksin tahap pertama maupun tahap kedua, sebab Pemprov Sultra juga membuka pendaftaran secara online. Calon penerima vaksin cukup membawa KTP atau kartu keluarga serta kartu vaksin pertama.

“Masyarakat tetap bisa datang langsung untuk mendaftar karena kegiatan vaksinasi bukan hanya saat kemerdekaan saja, namun dilaksanakan vaksinasi secara reguler, jadi masyarakat yang belum mendaftar secara online datang langsung ke posko,” terangnya.

Baca:   Pemda Bersama TNI-Polri Kampanyekan Wakatobi Bermasker

Meski sudah divaksinasi, kata Asrun, masyarakat diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dikarenakan cara kerja vaksin yang disuntikan ke dalam tumbuh untuk melawan virus serta meningkatkan pertahanan tubuh membutuhkan waktu untuk berproses.

Sementara itu Nur Endang Abbas menerangkan, persiapan vaksinasi merdeka hasil kerja sama Pemprov dengan Satgas Covid-19, TNI, Polri, Bank Indonesia, dan Kementerian PUPR Jakarta tersebut kini mencapai 98 persen.

“Mengingat kementerian ini diharapkan agar semua balainya melaksanakan baksos, yang selain melaksanakan sendiri juga berkoordinasi dengan Pemprov Sultra,” sambung Sekda Sultra ini.

Total paket bantuan akan disalurkan, yaitu 400 paket.

Endang menambahkan, Pemprov Sultra di bawah komando Gubernur Sultra bersama Wakilnya melakukan semua upaya mulai dari pembagian sembako, penguatan ekonomi melalui transfer dana ke rekening penerima, hingga vaksinasi dalam peringatan HUT RI.

Posisi Sultra dalam agenda vaksinasi sendiri berada di posisi ketiga untuk di wilayah Sulawesi, untuk itu Gubernur Sultra bersama TNI-Polri dan berbagai pihak terkait terus peningkatan vaksinasi, guna membentuk healthy community masyarakat, sehingga dengan sendirinya masyarakat memiliki kekebalan tubuh, serta wilayah Sultra diharapkan bisa segera terbebas dari Covid-19.

“Semoga dengan upaya intervensi vaksinasi ini, selain menempatkan posisi Provinsi Sultra pada peringkat atas dalam upaya pencegahan virus atau capaian vaksinasi, juga secara umum membentuk healthy community masyarakat,” ujarnya. (C)

Baca:   Kapolres Baubau: Perayaan Natal Kondusif, Tahun Baru Dibalut Nuansa Religi, Cek Agendanya

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan