Penaggulangan Bencana Alam dan Karhutla, Korem 143/HO Gelar Latihan Bersama

  • Bagikan
Prajurit TNI-AD Korem 143/HO saat menggelar latihan penganggulangan bencana dan Karhutla. (Foto:Riswan/SULTRAKINI.COM) 

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Korem 143/Halu Oleo menggelar latihan penanggulangan bencana alam dan kebakaran hutan lahan (Karhutla), Senin (22/11/2021). 

Latihan penanggulangan bencana Korem 143/HO tahun 2021 ini rencananya akan digelar hingga tiga hari mendatang dengan melibatkan berbagai unsur instansi pemerintah yang terkait dengan kebencanaan. 

Kepala Seksi Operasi Korem 143/HO, Kolonel Inf Dwi Kristyanto, mengatakan  pelatihan ini merupakan program Korem yang dilaksanakan pada triwulan keempat 2021 dengan tujuan melatih anggota atau prajurit TNI dengan melibatkan unsur terkait seperti BPBD, Basarnas, Damkar, BMKG, Manggala Agni, Polda, dan Satpol PP.

“Ini adalah tindaklanjut dari yang sudah dilaksanakan oleh BPBD Sultra yakni Rencana Kontijensi Kebencanaan,” ucap Dwi Kristyanto, Senin (22/11/21)
 
Dwi menambahkan, luaran yang diharapkan dari latihan ini adalah semua unsur yang terkait dengan kebencanaan dapat menjadi terbiasa untuk melaksanakan kerjasama penanggulangan bencana khususnya di wilayah Sultra. 

“Diketahui bersama, wilayah Sultra sering terjadi bencana banjir, Karhutla, dan gempa. Ini upaya untuk mengantisipasi itu semua. Akan dilaksanakan selama tiga hari. Hari ini kegiatan teori. Materi pertama Karhutla dan kedua materi penanggulangan bencana gempa bumi sebagai antisipasi kemungkinan terjadi,” jelasnya. 

Latihan ini sendiri diikuti oleh tiga ratus orang yang didominasi oleh personel TNI Angkatan Darat baik itu dari unsur satuan tempur maupun unsur satuan teritorial. (C)

Baca:   Pemilihan Ketua DPP, PAN Sultra Beri Sinyal Dukung Zulkifli Hasan

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan