Pendaftar Calon Mahasiswa Baru UMK Meningkat

  • Bagikan
Wakil Rektor 1 UMK, Yamin, Senin (20/8/2018). (Foto: Rifin/SULTRAKIN.COM)
Wakil Rektor 1 UMK, Yamin, Senin (20/8/2018). (Foto: Rifin/SULTRAKIN.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Setiap tahun jumlah pendaftar Universities Muhammadiyah Kendari (UMK) meningkat. Terdata pada 2018 jumlah pendaftar 1.700 orang sebagai calon mahasiswa baru. Sementara pada 2017, sebanyak 1.500 orang.

Seleksi gelombang kedua di UMK, diketahui pendaftar sebanyak 1.081 orang, namun jumlah yang akan diterima sebatas 800 orang.

“Gelombang kedua yang akan diterima 800 orang, karena UMK juga punya daya tampung yang terbatas,” terang Wakil Rektor 1 UMK, Yamin, Senin (20/8/2018).

Diterangkannya, setiap program studi menampung 40 orang. Ini disebabkan UMK harus berusaha lagi menambah sarana gedung baru untuk meningkatkan daya tampung tersebut.

“Mau tambah kuota kecuali gedung baru UMK sudah kelar maka akan kami tambah kuota,” kata Yamin.

Menurutnya, semakin banyaknya peminat di UMK berkat tim sosialisasi yang turun langsung ke sekolah-sekolah di 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara. Sosialisasi juga terbantu oleh warga yang memperkenalkan UMK sendiri.

Banyak nya peminat setiap tahunnya, UMK tidak henti-henti menurunkan tim sosialisasi ke sekolah sekolah diseluruh 17 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara (Sultra). Tatanan pendidikan UMK sudah setara dengan negeri.

“Selain kami adakan sosialisasi kami juga banyak dibantu masyarakat mensosialisasikan UMK. Saat ini juga sebagian besar prodi kami sudah berakreditasi B,” jelas Yamin.

Baca:   Ketua PDIP Sultra Berganti, Abu Hasan Gantikan Hugua

UMK menganut catur tridarma, yaitu pengajaran, pengabdian, penelitian, dan akhlakul karimah yang bedakan dengan kampus lain. Jika kampus lain belajar agama satu semester di UMK belajar agama selama lima semester.

Kedepannya, UMK akan mengembleng intelektual dan rohani untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga bisa bersaing dengan kampus-kampus ternama.

Laporan: Rifin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan