Pengelolaan APBN di Sultra Belum Ditemukan Adanya Pemerataan Kinerja Penyerapan Anggaran

  • Bagikan
Kepala Kanwil DJPb Prov Sultra, Arif Wibawa. (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Kantor Wilayah Direktoral Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Arif Wibawa, menilai perkembangan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam merespon dampak pandemi cukup menggembirakan.

Berdasarkan data, kinerja realisasi anggaran belanja kementerian/lembaga di Provinsi Sultra sampai dengan minggu pertama Juni 2021 senilai Rp 2,96 triliun atau 42,28 persen dari total pagu Rp 7,0 triliun.

“Secara akumulasi target penyerapan anggaran sebesar 40 persen pada triwulan kedua ini dapat terlampaui,” ujar Arif Wibawa, Kamis (10/6/2021).

Meskipun memenuhi target, dikatakan Arif, jika di-breakdown per jenis belanja belum ditemukan adanya pemerataan kinerja penyerapan anggaran belanja.

Tercatat belanja pegawai sampai dengan minggu pertama Juni 2021 memiliki penyerapan 47,95 persen, belanja barang memiliki penyerapan 32,84 persen, dan belanja modal 3,76 persen.

“Belum tercapainya target ini menjadi perhatian kita bersama. Satker diharapkan mempercepat proses penyerapan melalui pelaksanaan kegiatan-kegiatan, mempercepat pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran, dan segera mengajukan pencairan dana ke KPPN setempat,” ucapnya.

ibu alimazi

Pihaknya berharap, percepatan proses penyerapan anggaran pada satker dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak yang ikut andil dalam pelaksanaan anggaran, mulai dari unit perencanaan anggaran hingga unit penyusunan pertanggungjawaban anggaran. Di satu sisi dapat menciptakan pengelolaan kinerja pelaksanaan anggaran yang efektif dan efisien dalam rangka mempercepat proses pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca:   Kepala BNN RI Diagendakan Kunker di Sultra, Kepala BNNP Sultra Koordinasi Ke Gubernur Sultra

Terdapat 13 indikator penilaian terhadap kinerja pelaksanaan anggaran satker yang merupakan penjabaran dari empat aspek, yaitu kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan anggaran, efektivitas pelaksanaan kegiatan, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.

Penyerahan penghargaan satker dengan kinerja pelaksanaan APBN 2020 terbaik. (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM)

Satker kinerja pelaksanaan APBN 2020 terbaik

Dalam Rapat Koordinasi Daerah Pelaksanaan Anggara Tahun 2021 Kamis (10/6) ini juga, DJPb Sultra menyampaikan satker dengan kinerja pelaksanaan APBN terbaik tahun anggaran 2020. Berikut kategorinya.

  1. Kategori kantor wilayah/koordinator satker kementerian: peringkat pertama Polda Sultra, kedua Kakanwil Kemenag Sultra, dan peringkat ketiga Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kendari.
  2. Kategori satker dengan pagu anggaran besar: peringkat pertama Korem 143/Halu Oleo Dam XIV/Hasanuddin, kedua SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Sulawesi IV Provinsi Sultra, dan peringkat ketiga Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Sultra.
  3. Kategori satker dengan pagu anggaran sedang: peringkat pertama Perwakilan BPKP Provinsi Sultra, kedua Unit Penyelenggara Pelabuhan Baubau, dan peringkat ketiga Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari.
  4. Kategori satker dengan pagu anggaran kecil: peringkat pertama BPS Kabupaten Kolaka, kedua Kantor Pelayanan Pajak Pratama Baubau, dan peringkat ketiga KPU Kabupaten Kolaka.
  5. Kategori satker dinas DK/TP: peringkat pertama Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Sultra, kedua Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sultra, dan peringkat ketiga Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kolaka Timur. (B)
Baca:   BP2MI Sarankan Pemprov Sultra Buat Perda Perlindungan Migran

Laporan: Wa Rifin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan