Pentingnya Lindungi Diri dengan Asuransi Perjalanan dan Asuransi Jiwa

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Beberapa orang mungkin masih asing dengan asuransi perjalanan, tapi beberapa negara seperti Eropa dan Amerika sudah mewajibkan traveler memiliki asuransi perjalanan.

Pada dasarnya, asuransi perjalanan menawarkan manfaat berupa pertanggungan biaya medis wisatawan selama perjalanan. Namun, bila dirasa masih kurang, ada beberapa premi tambahan yang bisa dipilih untuk perlindungan.

Selain asuransi perjalanan, maka wajib pula memiliki asuransi jiwa. Seperti diketahui, seluruh perjalanan memakai kendaraan umum seperti kereta dan bus, atau kapal dan pesawat perlu dilindungi dengan asuransi jiwa.

Sebab, dalam proteksi satu ini, Anda akan menyiapkan santunan meninggal asuransi jiwa jika terjadi dalam perjalanan. Selain itu, dalam kondisi seperti saat ini, penting untuk Anda beli asuransi perjalanan Covid.

Dengan asuransi tersebut dapat melindungi perjalanan selama liburan dari mulai berangkat, beraktivitas di tempat liburan, hingga pulang ke rumah.

Yang Akan Ditanggung oleh Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan akan melindungi kita dari beberapa kerugian berikut:

  1. Kehilangan Koper dan Bagasi Dalam Penerbangan

Anda yang sering bepergian dengan pesawat pasti tahu bagaimana mudahnya kehilangan koper dalam penerbangan.

Jika penerbangannya hanya untuk wilayah domestik, masalah ini mungkin mudah diatasi. Namun jika penerbangannya adalah international flight, kemungkinan koper hilang selamanya cukup besar.

Baca:   Keren, Mahasiswa Kreatif Ubah Bus Bekas Jadi Rumah Berjalan

Selain itu, masalah ini akan menghancurkan seluruh rencana dan suasana liburan jika terjadi di penerbangan keberangkatan.

Oleh karena itu, memiliki asuransi perjalanan bisa memberikan kompensasi dari kehilangan koper dan bagasi agar kita tetap menikmati liburan tanpa harus repot mengurus semua masalah ini.

  1. Tanggungan Biaya Medis dan Evakuasi Medis

Punya perusahaan yang siap melindungi kita dari biaya medis bila terjadi apa-apa di perjalanan tentu membuat liburan jauh lebih tenang.

Kita tidak perlu takut menghabiskan semua budget untuk itinerary karena terjadi masalah tidak terduga di perjalanan.

Jika Anda berlibur ke luar negeri, manfaat dari asuransi perjalanan ini akan sangat dibutuhkan, mengingat biaya medis di luar negeri bisa berkali-kali lebih mahal setelah dihitung dengan kurs ke rupiah.

  1. Tanggungan Biaya Karantina dan Perawatan Medis karena Covid.

Manfaat dari travel insurance satu ini hanya akan sangat dibutuhkan selama kita masih berada dalam masa pandemi. Sebab, beberapa negara masih mewajibkan pengunjung dari negara lain untuk karantina mulai dari 1 minggu hingga 14 hari bila ada indikasi positif Covid-19.

Biaya karantina pada 1 minggu pertama biasanya ditanggung oleh negara yang dikunjungi. Namun bila ada indikasi positif, maka wisatawan wajib menanggung sendiri biaya karantina mereka.

Baca:   Prediksi Tren Busana Muslim 2019

Nah, pada saat itulah travel insurance dibutuhkan agar kita tidak perlu mengurangi budget untuk belanja selama liburan untuk membayar biaya karantina.

  1. Santunan Kematian dan Disabilitas

Untuk manfaat yang terakhir ini, sebenarnya lebih dibutuhkan oleh orang-orang yang melakukan travel bisnis ke luar negeri.

Sebab, santunan kematian dan disabilitas akan diberikan ke ahli waris dari perusahaan asuransi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan tersebut.

Miliki Asuransi Jiwa

Selain asuransi perjalanan, memiliki asuransi jiwa terbaik akan membuat Anda lebih tenang saat melakukan perjalanan, baik ke luar kota maupun luar negeri.

Asuransi perjalanan dan asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang bisa dikombinasikan. Artinya bila ada hal yang tidak diinginkan di perjalanan, maka baik asuransi jiwa maupun asuransi perjalanan akan memberi pertanggungan kepada keluarga pemegang polis.

Tidak sedikit juga perusahaan asuransi yang menyediakan produk travel insurance dan life insurance, contohnya:

  • Asuransi Sinar Mas
  • Asuransi Allianz
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Asuransi Central Asia
  • Asuransi Zurich Topas Life

Mengikuti asuransi perjalanan dari perusahaan asuransi jiwa yang sudah kita percaya akan memberi ketenangan ekstra. Sebab kita tahu asuransi tersebut pasti bertanggung jawab atas polis yang sudah ditandatangani.

Baca:   Djarot Akan Rotasi Ratusan Pejabat Pemprov DKI

Dengan mendaftar asuransi jiwa dan perjalanan secara bersamaan, jumlah premi yang perlu dibayar juga jadi lebih besar.

Hanya saja, polis asuransi perjalanan hanya berlaku selama perjalanan saja. Itu berarti, setelah liburan berakhir, kita hanya perlu membayar asuransi jiwa saja. (Adv)

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan