Penumpang Kapal Malam Kendari-Raha Membludak, Warga Muna Pulang Kampung karena Pilkades

  • Bagikan
Penumpang membludak di Pelabuhan Kapal Malam rute Kendari-Raha. (Foto: Gustinawati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pelabuhan kapal malam rute Kendari-Raha dipadati penumpang, Rabu (23 November 2022). Mereka berbondong-bondong pulang kampung untuk mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Pantauan Sultrakini.com, ratusan orang penumpang memadati kapal malam Agil Pratama 04 tujuan Pelabuhan Raha, Kabupaten Muna pukul 19.30 Wita. Kepadatan ini mulai dari pintu masuk hingga loket penjualan tiket. Penumpang rela berdesak-desakkan demi mendapatkan tiket kapal untum menyeberang tersebut.

loker wartawan sultrakini

Vendry (22), salah satu calon penumpang kapal malam mengaku sengaja pulang lampung untuk berpartisipasi dalam Pilkades 2022.

“Pulangnya saya di kampung untuk menyalurkan suara pada pemilihan ini, sekaligus liburan karena tidak ada mata kuliah di kampus,” jelasnya.

Loket di Pelabuhan Kapal Malam rute Kendari-Raha, Rabu (23 November 2022). (Foto: Gustinawati/SULTRAKINI.COM)

Sementara itu, pihak Kasyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) nampak menyediakan dua kapal untuk pemberangkatan rute Kendari-Raha, yaitu KM Agil Pratama 04 berangkat pukul 20.00 Wita dan KM Aksara Saputra 08 pukul 22.00 Wita.

“Untuk penumpang pada malam hari ini belum diketahui berapa jumlahnya, tetapi pada malam ini terlihat pelabuhan sudah dipadati. Kami menyiapkan satu kapal Aksara Saputra 08 sebagai cadangan dengan muatan 900-1.000 orang,” jelas Kepala Pos Syahbandar di Pelabuhan Terminal Kapal Malam Kendari–Raha, La Ode Muhammad Hayruddin.

Baca:   Polres Muna akan Tempatkan Personel di Desa Penyelenggara Pilkades

Penumpang yang ketinggalan kapal pertama bisa menunggu kapal selanjutnya yang akan berangkat pukul 22.00 Wita, sekaligus menunggu penumpang yang masih mengantre di loket pembelian tiket.

Untuk diketahui, Pilkades serentak 2022 di Kabupaten Muna diikuti 124 desa. Pemilihan dijadwalkan pada Kamis, 24 November 2022. (B)

Laporan: Gustinawati
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan