Penyuluh Teladan Bakal Diutus ke Pusat

  • Bagikan
Kabid Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Sultra, H.Jumaing (Foto: Hardiyono Zimani/SULTRAKINI.COM)
Kabid Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Sultra, H.Jumaing (Foto: Hardiyono Zimani/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang melakukan penilaian terhadap seluruh perwakilan kabupaten dan kota Se- Sultra guna menjaring satu penyuluh teladan tingkat provinsi yang akan mewakili ke tingkat nasional.

Saat ini, 17 Kanwil Kemenag kabupaten kota tengah mempersiapkan masing-masing perwakilannya guna memperebutkan juara satu penyuluh teladan tingkat provinsi itu.

Misalnya Syamsul Marhalim, Penyuluh Fungsional Kecamatan Kambu menjadi perwakilan Kota Kendari yang akan memperebutkan juara satu penyuluh teladan tingkat provinsi.

Pemilihan dirinya setelah melewati hasil penilaian para juri sebelumnya dari setiap peserta penyuluh yang ada di Kantor Urusan Agama di Kota Kendari.

Kini Syamsul Marhalim tengah mempersiapkan dirinya, salah satunya mempersentasekan isi makalah yang dibuatnya di depan para juri tentang “Optimalisasi Peran Strategis Penyuluh Agama Islam pada Remaja Masjid dan Taman Pendidikan Alquran Dalam Upaya Cegah Tangkal rlRadikalisme dan Terorisme”.

“Saya Berterima kasih bisa mewakili Kota Kendari, sehingga amanah yang diberikan kepada saya dapat saya tunjukkan semaksimal mungkin dan dapat mewakili Sulawesi Tenggara ke tingkat nasional, nantinya,” katanya.

Sementara itu, Kabid Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Sultra, H.Jumaing menjelaskan nantinya seluruh peserta penyuluh teladan di 17 kabupaten kota akan dipilih satu peserta yang akan mewakili sultra ke tingkat nasional.

Baca:   Hari Juang TNI AD, Korem 143/HO Banyak Lakukan Giat Bakti Sosial

“Saat ini Kanwil Kemenag Sultra sedang melakukan penilaian kepada seluruh peserta penyuluh teladan perwakilan 17 kabupaten kota sehingga nantinya yang lolos akan mewakili Sultra ke tingkat nasional,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Kota Kendari, Zainal Mustamin berharap perwakilan kota kendari dapat menunjukkan hasil yang masksimal dan bisa lolos hingga mewakili Sulawesi Tenggara ke tingkat nasional.

“Semoga apa yang telah dijalani dan diperjuangkan oleh peserta penyuluh teladan Kota Kendari dapat menunjukkan hasil yang maksimal dan bisa lolos hingga mewakili Sultra,” ucapnya.

Diketahui, fungsi dan tugas penyuluh agama yakni meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta meningkatkan kerukunan umat beragama. (B)

Laporan: Hardiyono Zimani
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan