Peralihan Siaran TV Analog ke TV Digital, Pemerintah Akan Beri Bantuan Set Top Box

  • Bagikan
Pasangan Set Top Box (Ilustrasi)

SULTRAKINI.COM: Pemerintah akan mendistribusikan sedikitnya 5,2 juta Set Top Box (STB) kepada masyarakat miskin di seluruh Indonesia yang terdampak peralihan siaran TV Analog ke siaran TV Digital atau pelaksanaan program Analog Switch Off (ASO).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) terus mendorong distribusi bantuan set top box (STB) ke keluarga miskin di berbagai daerah sehingga masyarakat tetap dapat menikmati siaran TV.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan agar bantuan STB tepat sasaran pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah di masing-masing wilayah terdampak sehingga   data sesuai dengan fakta di lapangan.

“Masyarakat yang bukan kategori keluarga miskin, penyediaan perangkat STB harus dilakukan secara swadaya atau membeli sendiri di toko elektronik terdekat,” kata Jhonny dalam keterangan pers, Kamis (9 Juni 2022).

Jhonny mengatakan pemerintah saat ini sedang membangun infrastruktur multipleksing (MUX) dengan melibatkan 12 penyelenggara siaran televisi digital yang terpilih yang ditargetkan selesai seluruhnya sebelum 2 November 2022.

“Selambat-lambatnya menurut informasi yang diberikan kepada saya, infrastruktur MUX akan selesai seluruhnya sebelum 2 November 2022, pada saat nanti ASO seluruhnya ditutup atau dimatikan,” katanya.

Adapun penyelenggara multipleksing yang terpilih diantaranya Lembaga Penyiaran Publik TVRI, enam group terbagi dalam sebelas perusahaan televisi swasta nasional yaitu SCTV, Indosiar, Metro TV, RCTI, Global TV, Trans TV, Trans 7, Rajawali Televisi atau RTV, TV One, ANTV, Nusantara TV. (C)

Baca:   Pemprov Sumbar: Peserta HPN 2018 Harus Pulang dengan Cerita Manis

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan