Peran Pemerintah Tingkat RT/RW Hingga Tokoh Masyarakat di Baubau Diharapkan Tangkal Hoaks Soal Vaksin

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Tersebarnya isu hoaks mengenai vaksinasi adalah dampak dari mudahnya masyarakat mendapatkan informasi melalui media sosial saat ini.

Untuk itu, peran pemerintah daerah hingga pemerintah ditingkat bawah RT/RW dan tokoh masyarakat dalam pemberian pemahaman kepada masyarakat merupakan salah satu upaya yang tepat dalam mengatasi isu hoaks yang tersebar ditengah masyarakat, khususnya di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Lurah Kadolokatapi, Waode Rahmatia mengatakan RT/RW sebagai pimpinan daerah dalam skala kecil di kelurahan yang mewakili pemerintah daerah diatasnya, paling dekat dengan masyarakat dapat bekerjasama dengan tokoh adat untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai vaksinasi.

“Tokoh masyarakat juga kan menjadi perpanjangan tangan informasi baik lurah dan ataupun dari Dinkes,” katanya, Selasa (1/6/2021).

Menurut Rahmatia, tokoh adat menjadi tempat bertanya masyarakat terkait setiap kegiatan pemerintahan termasuk kegiatan vaksinasi. 

“Beberapa waktu lalu, Kepala Puskesmas Bukit Wolio Indah dan Bhabinkamtibnas ke kelurahan membawa informasi perencanaan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia, untuk itu peran RT dan RW untuk meyakinkan masyarakat sangat penting akan vaksinasi itu,” ujarnya.

ibu alimazi

Pasalnya lanjut dia, dengan tersebarnya isu hoaks di tengah masyarakat beberapa waktu lalu menyebabkan timbulnya pro-kontra tentang vaksin, sehingga tidak sedikit masyarakat was -was menerima vaksinasi.

Baca:   Rektor UMB Lulusan Doktor Terbaik UHO, Dimana pun Kuliah Intinya Motivasi Melanjutkan Studi

“Takutnya nanti kalau divaksin akan timbul efek samping. Saya pun berinisiatif dan mendapat dukungan balik dari pihak puskesmas dan bhabinkamtibnas supaya vaksinasi diawali sosialisai dengan cara mengumpulkan terlebih dulu unsur-unsur masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu, kata Ramhatia, pada Senin (31/5) pihaknya mengumpulkan RT/RW, Kader Posyandu Bina Keluarga Lansia, BKB, BK7R, dan BKL agar memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak terpengaruh hoaks dan tidak takut mengikuti program vaksinasi.

Rahmatia berharap upaya pemerintah bersama stakeholders khususnya masyarakat Kelurahan Kadolokatapi dapat mendukung program vaksinasi sebagai salah satu program pemerintah dalam upaya memberantas Covid-19.

Menurutnya, pemerintah tidak mungkin membahayakan masyarakatnya, melainkan memberikan rasa aman kepada masyarakat sehingga terhindar dari Covid-19. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan